Kamis, 22 April 2021

Perbedaan Madu Asli dan Palsu Yang Harus Kamu Ketahui Sekarang

Perbedaan Madu Asli dan Palsu sering kali menjadi pertanyaan para penikmat madu khususnya untuk terapi kesehatan ataupun kecantikan. Tak sedikit kita jumpai jenis madu palsu yang beredar di pasaran, tentunya hal ini membuat khawatir para konsumen. Melalui artikel ini, mimin, akan menjelaskan sedikit namun detail, apa bedanya kedua jenis madu tersebut.

 

perbedaan madu asli dan palsu


Sebelum kita bahas lebih dalam, izinkan kami menjelaskan seputar defenisi madu. Madu adalah salah satu jenis bahan alami yang berasal dari metabolisme berbagai jenis serangga, umumnya kita kenal sebagai lebah. Rasa, dan kandungan nutrisinya tentu memiliki perbedaan yang bergantung pada jenis lebah, sumber nektar dan polen yang ada di alam sekitarnya.


Namun semua jenis madu tersebut, jika berasal dari lebah yang diproses secara alami, sudah dapat dipastikan memiliki manfaat yang luar biasa hebat. Nah, langsung saja kita masuk bahasannya bagaimana perbedaan madu asli vs madu palsu.


Perbedaan Madu Asli dan Palsu Dalam Kulkas


Para konsumen sering kali, untuk membuktikan madu tersebut asli atau palsu adalah dengan cara memasukannya ke dalam kulkas bahkan di dalam kotak freezer. Ada statement yang mengatakan bahwa madu yang asli tidak akan membeku jika dimasukkan ke dalam kulkas. Sebaliknya apabila madu tersebut tidak membeku saat dimasukkan ke dalam kulkas maka madu tersebut dapat dikatakan sebagai madu asli.


Perlu diingat teman-teman, proses pembekuan madu tersebut merupakan hal yang wajar karena pada dasarnya madu mengandung air secara alami. Seperti yang di lansir dari artikel yang kami rangkum bahwa madu hutan mengandung air berkisar 22-26% sedangkan madu ternak terkandung 17-22% air.


Molekul air yang terkandung di dalam madu inilah yang mengakibatkan madu menjadi beku mengingat bahwa kita tahu bahwa titik beku air adalah 0 (nol) derajat celcius. Selain madu memiliki kadar air yang cukup tinggi, molekul yang menyebabkan madu dapat mengkristal adalah kandungan glukosa,fruktosa dan sukrosanya.


Jadi kesimpulannya, pembuktian madu asli atau palsu dengan cara mengetesnya ke dalam kulkas justru tidak bisa dijadikan cara untuk membuktikan kualitas suatu madu tersebut. Justru mungkin sebaliknya, apabila saat dimasukkan kulkas ternyata madu tidak membeku atau mengkristal, justru ada kandungan lain yang menyebabkan ia sulit untuk membeku pada suhu di bawah nol derajat celsius.


Perbedaan Madu Asli dan Palsu Dengan Semut


Nah, ini yang menarik, adakalanya juga para konsumen madu, menjadikan koloni semut untuk dijadikan alat uji dalam menentukan kualitas madu. Perlu diketahui bahwa madu asli ataupun palsu mengadung gula seperti senyawa glukosa, fruktosa dan sukrosa. Maka siapa yang tidak kenal semut dan pribahasa yang satu ini "ada gula, ada semut". Hehehe, kadang mimin juga di kerubungi semut, itu tandanya???


Ok kita balik lagi ya, jadi kalau teman teman meletakkan madu di meja, kemudian berdatanganlah koloni semut, bukan berati madu tersebut palsu ya. 


Ada juga yang bertanya dan coba membandingkan, kenapa madu yang di sarang tidak dikerubungi semut? Jawabanya adalah karena pada sarang lebah terdapat lilin lebah (bees wax). Semut tidak menyukai semut sehingga pada sarang lebah tidak ada di datangi oleh pasukan semut.


Namun pada saat madu sudah di ekstrak dari sarangnya, dan madu sudah terpisah dari lilin, maka disitulah kumpulan semut akan berbondong-bondong menyerbu sumber makanannya.


Jadi kesimpulannya untuk membuktikan madu itu palsu atau asli, dengan indikator semut juga belum bisa membuktikan ya...


Perbedaan Madu Asli dan Palsu Saat Dibakar


Adakalanya para konsumen penasaran ingin membuktikan madu yang dibelinya itu dengan cara tes bakar. Cara yang biasa digunakan yaitu dengan menggunakan anak korek api kayu, kemudian mencelupkan ke dalam madu kemudian di bakar.


Apabila korek yang telah terkena madu tersebut bisa terbakar, itu menandakan bahwa madu tersebut asli namun jika sebaliknya, kemungkinan madu tersebut telah dicampur oleh suatu zat.


Namun cara ini juga mimin rasa kurang akurat, mengapa saya katakan demikian, gampang atau sulitnya korek tersebut hidup sebenarnya karena kadar air yang terkandung, semakin tinggi kadar airnya, maka sang korek juga akan sulit menyala.


Cara Mengetahui Perbedaan Madu Asli dan Palsu


Cara mengetahui perbedaan madu yang asli atau palsu sebenarnya ada banyak lagi, namun cara yang paling akurat adalah dengan melakukan uji laboratorium terhadap parameter yang terkandung di dalam madu tersebut.


Penentuan kualitas madu, sudah diatur dalam SNI 3545: 2013 tentang Madu. Didalam SNI tersebut diddefinisikan bahwa madu adalah cairan alami yang umumnya rasa manis yang dihasilkan dari lebah madu (Apis sp.) dari sarin bungan tanaman (flora nektar) atau bagian lain dari tanaman (ekstra flora).


Persyaratan madu yang diterangkan dalam dokumen SNI tersebut adalah

  1. Memiliki bau khas madu
  2. Jika di rasa maka akan khas rasa madu
  3. Aktivitas enzim diatase minimal 3 DN
  4. Kandungan Hidroksimetilfulfural maksimal 50 mg/kg
  5. Terkandung kadar air maksimal 22% b/b
  6. Mengandung gula pereduksi yang dihitung sebagai glukosa minimal 65% b/b
  7. Mengandung sukrosa maksimal 5% b/b
  8. Memiliki nilai keasaman yang diuji dengan NaOH maksimal 50 ml NaOH/Kg
  9. Mengadung padatan tak larut dalam air maksimal 0,5% b/b
  10. Jika diuji kadar abunya maksimal 0,5% b/b
  11. Mengandung cemaran logam: Timbal (Pb) maksimal 2,0 mg/kg, Cadmium (Cd) maksimal 0,2 mg/kg, Merkuri (Hg) maksimal 0,03 mg/kg, Arsen (As) maksimal 1,0 mg/kg.
  12. Tidak terdeteksinya Kloramfenikol
  13. Mengandung cemaran mikroba berdasarkan angka lempeng total (ALT) <5000 koloni/g, angka paling mungkin <3 APM/g dan Kapang serta Khamir <10 koloni/g

 

Angka atau nilai pengujian tersebut dilakukan dari madu yang telah dipanen ya teman-teman.

 

Baiklah sampai disini penjelasan kami, mudah mudahan informasi ini bisa memberikan manfaat untuk rekan-rekan sekalian. Sebagai informasi, terdapat madu murni yang berasal dari lebah ternak Apis Mellifera yang dibudidayakan di hutan komoditi tanaman Akasia Carpa.

 

Madu ini murni di peroleh dari peternak lebah madu di daerah Kabupaten Siak Provinsi Riau sehingga di jamin kualitas dan kemurniannya. Yuk simak tayangan video berikut ini agar rekan-rekan sekalian tidak gagal paham dalam memahami madu murni tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat, untuk melakukan pembelian bisa menghubungi HP/WA 0813-6549-6595 ya teman-teman. 


Untuk saling menjaga keamanan pembelian juga dapat dilakukan melalui tokopedia yang bisa diakses pada link  MADU ASLI

 

Salam sehat dan sukses selalu untuk kita semua. Wassalam...

Web ini dibuat atas dasar cinta dan kasih sayang untuk membagikan informasi yang telah diperoleh sejak tahun 2013, semoga bisa membawa manfaat untuk kita semua, aamiin.


EmoticonEmoticon