Rabu, 09 Desember 2020

Distributor Bahan Kimia Terbaik untuk Kebutuhan Industri dan Laboratorium

distributor bahan kimia

Distributor Bahan Kimia - Penggunaan beragam bahan kimia menjadi hal yang tidak terelakkan dalam aktivitas industri. Oleh karenanya, mencari distributor bahan kimia yang tepat perlu dilakukan sebaik mungkin. Tentu karena produk terbaik hanya ada di tempat yang juga terbaik.


Bahan kimia juga sangat beragam sesuai dengan fungsinya. Meskipun umumnya bahan kimia untuk keperluan industri tergolong aman, namun prosedur tetap harus diikuti. Misalnya saja mengetahui komposisi hingga kualitas dari bahan tersebut.

 

Selain cerdas memilih produsen bahan kimia, Anda juga perlu mengetahui cara membeli bahan kimia yang aman. Tujuannya tentu agar ketika dalam prosesnya, pembelian bahan-bahan kimia tersebut tidak mengancam keselamatan nantinya.


Jenis dan Grade Bahan Kimia untuk Industri dan Laboratorium


Berbagai industri seperti industri pupuk, industri tekstil, sabun, detergen, makanan ataupun produk kesehatan biasanya menggunakan bahan-bahan kimia dalam prosesnya. Bahan kimia yang digunakan untuk membuat barang pabrikan ini biasanya telah diidentifikasikan dengan jenis dan grade yang tepat.


Sebelum menggunakan bahan kimia tertentu, pastikan Anda mengetahui spesifikasi lengkapnya. Misalnya saja melihat dari segi fungsi dan takaran yang aman digunakan. Asalkan digunakan secara bijak, tentu saja bahan kimia ini aman digunakan. Untuk itu, pastikan Anda mengetahui informasi lengkap seputar jenis dan grade bahan kimia di bawah ini.


1. Teknis


Bahan kimia dengan grade teknis biasanya digunakan untuk tujuan komersial industri. Tingkatan bahan kimia yang satu ini merupakan kualitas yang paling standar. Namun, kandungan dari bahan kimia dengan kualitas teknis biasanya tidak disarankan untuk digunakan pada produk-produk makanan maupun obat-obatan.


Hal tersebut dikarenakan kandungan bahan kimia dengan grade tersebut dinilai cukup berbahaya serta tidak disarankan untuk masuk ke dalam tubuh manusia.


2. Food Grade


Bahan kimia food grade merupakan bahan yang biasa digunakan untuk produksi makanan, minuman ataupun obat-obatan. Seperti namanya, bahan kimia dengan kualitas food grade memang aman untuk dikonsumsi oleh manusia. Namun pemakaiannya juga tetap harus dibatasi.


Mengapa harus demikian? Karena dalam bahan kimia dengan standar food grade memang masih terdapat zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia. Namun apabila konsumsinya dalam jumlah kecil, maka masih cukup aman dan dapat ditolerir. Meskipun demikian, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak tentu saja tidak baik dan dapat menimbulkan masalah kesehatan dikemudian hari.


3. Pro Analis (PA)


Pro analisis atau yang sering disingkat PA merupakan grade bahan kimia murni yang mendekati 100 %. Karena kualitasnya yang murni, maka bahan kimia tersebut digunakan dalam jumlah terbatas. PA juga biasanya digunakan untuk kepentingan penelitian di laboratorium.

 

Baca Juga:  Penyimpanan Bahan Kimia di Laboratorium

 

Selain itu, harga bahan pro analis ini juga cukup tinggi sehingga hanya diminati oleh orang kalangan tertentu. Anda bisa mendapatkan bahan tersebut pada distributor bahan kimia laboratorium yang memang secara khusus menangani penjualan produk-produk dengan kualitas dan standar pro analis.


4. Grade USP


United States Pharmacopeia (USP) merupakan bahan-bahan kimia yang sering digunakan untuk keperluan beberapa industri. Diantaranya adalah industri kesehatan dan juga bahan makanan. USP ini juga merupakan bahan-bahan kimia yang umum digunakan untuk keperluan laboratorium.


5. Grade ACS


Grade ACS merupakan bahan kimia yang telah memenuhi standar kemurnian, klaimnya juga telah diakui oleh America Chemical Society (ACS). ACS memiliki standar kemurnian kurang lebih hingga 95 %. Pemakaiannya sering diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan industri. Seperti untuk penelitian makanan atau proses pembuatan obat yang membutuhkan bahan dengan spesifikasi dan kualitas yang ketat.


6. Grade Purifed


Purified grade juga salah satu bahan yang bisa didapatkan pada distributor bahan kimia.  Purified grade sering disebut juga sebagai bahan kimia yang memiliki standar murni atau resmi. Pemakaiannya juga cukup spesifik, yakni tidak dapat digunakan untuk bahan makanan atau obat-obatan.


Hal tersebut dikarenakan standar murni yang terdapat pada bahan kimia dengan jenis ini mengakibatkan pemakaiannya cukup terbatas.


Demikianlah beberapa contoh tingkatan bahan kimia. Dengan kualitas dan standar kemurniannya yang tidak sama, sudah selayaknya kita mengetahui jenis bahan yang tepat sesuai kebutuhan. Karena apabila memilih bahan yang tidak tepat, maka akan mengakibatkan dampak yang sangat fatal.


Tips Membeli Bahan Kimia Aman untuk Industri


Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan bahan kimia, hal ini juga mengakibatkan banyaknya distributor bahan kimia yang bermunculan di pasaran. Hadirnya penjual yang menyediakan grosir bahan kimia diharapkan dapat mempermudah kegiatan industri. Namun sebagai pembeli tentu saja Anda harus cermat sebelum membeli.


Tidak ada jaminan bahwa semua penjual sepenuhnya jujur. Banyak juga kasus penipuan dan kecurangan dalam jual beli bahan kimia. Untuk itulah, sangat penting bagi Anda menyimak beberapa tips membeli bahan kimia secara aman. Berikut ulasan lengkapnya:


  1. Sebelum membeli, sebaiknya Anda mengetahui jenis dan bahan serta kegunaan dari bahan kimia tersebut.
  2. Mengetahui keamanan bahan kimia, terutama apabila membutuhkan proses pengiriman yang lama.
  3. Mengetahui cara pemakaian, takaran yang tepat serta cara penyimpanan bahan kimia.
  4. Memilih distributor bahan kimia yang terbukti berkualitas dan terpercaya.
  5. Melihat review dari pembeli sebelumnya untuk memastikan bahwa produk yang dijual benar – benar berkualitas.

Bagaimana, Sudah Siap Belanja Bahan Kimia Sekarang?


Banyak sekali perusahaan bahan kimia yang bermunculan tentunya membuat Anda perlu lebih bijak dalam memilih distributor yang tepat. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk membeli. Tidak ada salahnya untuk mengecek track and record dari perusahaan itu terlebih dahulu, ya?


Selain itu, membeli bahan kimia juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Pemilihan jenis bahan, grade standar, metode pengiriman, penggunaan serta penyimpanan bahan-bahan kimia tersebut juga hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Web ini dibuat atas dasar cinta dan kasih sayang untuk membagikan informasi yang telah diperoleh sejak tahun 2013, semoga bisa membawa manfaat untuk kita semua, aamiin.


EmoticonEmoticon