Rabu, 01 Juli 2020

Reaksi Kimia Fotosintesis Yang Benar Pada Tumbuhan

reaksi kimia fotosintesis

Reaksi Kimia Fotosintesis adalah suatu proses secara alamiah di dalam jaringan tumbuhan yang memanfaatkan air (H2O) dari dalam tanah dan gas karbon dioksida (CO2) dari udara dengan melibatkan energi cahaya selanjutnya disimpan ke dalam bentuk gula (karbohidrat) dan menghasilkan gas oksigen (O2). Karbohidrat inilah kemudian digunakan sebagai sumber pembentuk energi pada tanaman agar mampu berkembang secara optimal.



Pengertian Fotosintesis

Fоtоѕіntеѕіѕ  аdаlаh  proses  untuk  mеmрrоdukѕі  gula  (kаrbоhіdrаt)  pada  tumbuhan,  bеbеrара  bakteri  dаn  оrgаnіѕmе  nоn-ѕеlulеr  (ѕереrtі  jamur,  рrоtоzоа)  dеngаn mеnggunаkаn еnеrgі matahari, yang melalui sel-sel yang bеrеѕріrаѕі еnеrgі tеrѕеbut   аkаn   dikonversi   kе   dаlаm   bentuk   ATP   ѕеhіnggа   dараt   dіgunаkаn   ѕеluruhnуа oleh оrgаnіѕmе tеrѕеbut.  Rеаkѕі umum dаn proses fоtоѕіntеѕіѕ аdаlаh:


Berdasarkan reaksi kimia di atas, dapat kita lihat bahwa dalam proses fotosintesis tanaman membutuhkan molekul air yang diserap dari dalam tanah kemudian membutuhkan gas karbon dioksida. Dengan bantuan sinar matahari kedua molekul tadi membentuk molekul glukosa (kompleksnya adalah karbohidrat) dan gas oksigen.


Faktor Yang Mempengaruhi Fotosintesis

Beberapa hal yang menjadi penentu kelangsungan proses reaksi tersebut adalah jumlah molekul air (H2O), gas karbon dioksida (CO2), klorofil dan cahaya matahari.


Air

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa air merupakan molekul yang paling utama dibutuhkan untuk proses pertumbuhan tanaman. Namun ada beberapa jenis tanaman yang tidak membutuhkan air dalam jumlah banyak untuk tumbuh seperti tanaman kaktus.


Selain untuk proses fotosintesis, air juga berperan untuk transfer nutrisi dari tanah ke akar ke batang dan ke daun. Air yang dibutuhkan oleh tanaman untuk proses fotosintesis ini berasal dari dalam tanah pada saat kondisi tanah lembab.


Namun kuantitas air yang berlebih juga tidak baik untuk pertumbuhan tanaman karena menghambat proses perkembangan akar dan biasanya akar menjadi busuk.


Gas Karbon Dioksida

Gas karbondioksida secara alamiah ada di udara, namun semakin pesatnya pertumbuhan penduduk dan ekonomi berdampak pada meningkatnya jumlah gas karbondioksida di udara. Pada saat bersamaan tanaman memanfaatkan gas CO2 untuk proses fotosintesis, oleh sebab itu selalulah tanam pohon untuk membantu mengurangi emisi gas CO2 dan meningkatkan jumlah gas oksigen (O2).


Klorofil

Klorofil atau sering kita kenal sebagai zat hijau daun merupakan senyawa yang berperan bagi tumbuhan untuk menyediakan makanan sendiri. Apabila tumbuhan tidak memiliki klorofil biasanya memperoleh makanan dari tanaman inangnya. Tanaman itu disebut sebagai parasitisme seperti benalu dan sebagainya.


Klorofil ini sangat dibutuhkan oleh tanaman pada proses fotosintesis selain cari cahaya matahari oleh sebab itu daun yang sudah mengalami penurunan zat hijau daun, tidak akan mengalami proses fotosintesis dan akhirnya akan mengalami gugur daun.


Cahaya Matahari

Cahaya matahari merupakan sumber energi terbesar bagi seluruh mahluk di muka bumi. Tanpa adanya energi tersebut semua tanaman bahkan hewan dan manusia tidak akan mampu bertahan hidup. Dalam proses foto sintesis seperti yang saya jelaskan di awal, tumbuhan membutuhkan cahaya matahari untuk bereaksi.


Sehingga jika tidak ada cahaya matahari maka tanaman akan mengalami penurunan daya tumbuh secara vegetatif dan generatif.


Kesimpulan

Berdasarkan ulasan di atas dapat kita simpulkan bahwa tanaman mengalami reaksi fotosintesis pada siang hari, membutuhkan gas CO2 dan air dari dalam tanah. Beberapa parameter tersebut merupakan kunci suksesnya suatu tanaman dalam menghasilkanm karbohidrat untuk tumbuh dan berkembang. 


Dari produk yang dihasilkan dapat juga kita lihat bahwa tanaman juga menghasilkan gas oksigen yang sangat dibutuhkan untuk manusia dan hewan. Oleh sebab itu mulai sekarang tanamlah pohon walau hanya 1 batang saja agar oksigen yang dihasilkan akan semakin banyak dan emisi gas karbon dioksida juga akan menurun.


Demikianlah informasi mengenai proses pertumbuhan tanaman atau fotosintesis, semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Terimakasih...

Web ini dibuat atas dasar cinta dan kasih sayang untuk membagikan informasi yang telah diperoleh sejak tahun 2013, semoga bisa membawa manfaat untuk kita semua, aamiin.


EmoticonEmoticon