Rabu, 01 Juli 2020

Reaksi Kimia Fotosintesis Yang Benar Pada Tumbuhan

reaksi kimia fotosintesis

Reaksi Kimia Fotosintesis adalah suatu proses secara alamiah di dalam jaringan tumbuhan yang memanfaatkan air (H2O) dari dalam tanah dan gas karbon dioksida (CO2) dari udara dengan melibatkan energi cahaya selanjutnya disimpan ke dalam bentuk gula (karbohidrat) dan menghasilkan gas oksigen (O2). Karbohidrat inilah kemudian digunakan sebagai sumber pembentuk energi pada tanaman agar mampu berkembang secara optimal.



Pengertian Fotosintesis

Fоtоѕіntеѕіѕ  аdаlаh  proses  untuk  mеmрrоdukѕі  gula  (kаrbоhіdrаt)  pada  tumbuhan,  bеbеrара  bakteri  dаn  оrgаnіѕmе  nоn-ѕеlulеr  (ѕереrtі  jamur,  рrоtоzоа)  dеngаn mеnggunаkаn еnеrgі matahari, yang melalui sel-sel yang bеrеѕріrаѕі еnеrgі tеrѕеbut   аkаn   dikonversi   kе   dаlаm   bentuk   ATP   ѕеhіnggа   dараt   dіgunаkаn   ѕеluruhnуа oleh оrgаnіѕmе tеrѕеbut.  Rеаkѕі umum dаn proses fоtоѕіntеѕіѕ аdаlаh:


Berdasarkan reaksi kimia di atas, dapat kita lihat bahwa dalam proses fotosintesis tanaman membutuhkan molekul air yang diserap dari dalam tanah kemudian membutuhkan gas karbon dioksida. Dengan bantuan sinar matahari kedua molekul tadi membentuk molekul glukosa (kompleksnya adalah karbohidrat) dan gas oksigen.


Faktor Yang Mempengaruhi Fotosintesis

Beberapa hal yang menjadi penentu kelangsungan proses reaksi tersebut adalah jumlah molekul air (H2O), gas karbon dioksida (CO2), klorofil dan cahaya matahari.


Air

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa air merupakan molekul yang paling utama dibutuhkan untuk proses pertumbuhan tanaman. Namun ada beberapa jenis tanaman yang tidak membutuhkan air dalam jumlah banyak untuk tumbuh seperti tanaman kaktus.


Kontributor adalah seorang praktisi dan konsultan yang ahli dibidang penerapan sistem manajemen mutu laboratorium berdasarkan ISO/IEC 17025: 2017. Semoga blog ini menjadi sarana berbagi dan silaturahmi kita sesama personel laboratorium.

Silahkan berkomentar yang positif ya sobat
EmoticonEmoticon

Video Ulasan ISO 17025