Selasa, 15 Maret 2022

Manfaat Daun Bidara dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Manfaat Daun Bidara - Mungkin banyak orang yang masih asing dan kurang paham dengan tanaman bidara. Namun bagi mereka yang biasa bergelut dengan pengobatan herbal pastinya familiar dengan daun ini. Bukan daun, kandungan nutrisi di dalamnya terbilang sangat kompleks.

 

manfaat daun bidara

Bidara merupakan salah satu jenis tanaman istimewa. Bagaimana tidak, hampir dari semua bagian tumbuhannya bisa dimanfaatkan. Yakni mulai dari daun buah hingga pohonnnya dapat dimanfaatkan sebagai obat.


Ketahui lebih jauh mengenai tanaman bidara, mulai dari kandungan nutrisi, manfaat, hingga cara penggunaannya. Dan yang tidak kalah penting yakni efek samping dari tanaman herbal yang satu ini melalui pembahasan berikut.


Sekilas Mengenal Tentang Tanaman Bidara


Pohon bidara atau yang memiliki nama latin Ziziphus mauritiana adalah salah satu obat herbal untuk mengatasi beragam gangguan kesehatan. Bidara juga dikenal dengan istilah Chinese Apple, jujube atau bahkan Indian plum. Tanaman ini adalah tumbuhan banyak hidup di dataran Asia. Salah satunya juga mudah didapatkan di Indonesia, ya?


Jika dilihat sekilas, tampilan fisik daun bidara ini hampir mirip dengan daun jeruk nipis. Namun jika dibandingkan dari segi ukuran, daun bidara terbilang lebih kecil. Daunnya memiliki tulang menyirip dengan bentuk bulat dan berwarna hijau tua. 


Sebagai golongan tumbuhan istimewa, bidara memang sering digunakan untuk bahan obat-obatan herbal. Karena hampir setiap bagian dari tanaman ini ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat. Mulai dari bagian pohon, daun, hingga buahnya bisa diambil khasiatnya.


Fakta Mengenai Tanaman Bidara 


Sebenarnya penggunaan bidara sebagai obat memang sudah dilakukan sejak dahulu kala. Namun saat ini saat beragam tanaman herbal naik daun, popularitas daun bidara juga ikut terangkat. Nah agar tidak ketinggalan informasi penting seputar daun bidara, mari simak pembahasan berikut ini.


1. Bidara Berasal Dari Asia


Tanaman Bidara ini memang dulunya berasal dari dataran Asia. Menurut catatan, tanaman bidara ini asalnya dari Yunnan, China. Namun saat ini tanaman Bidara sudah menyebar luas ke negara Asia lainnya. Mulai dari Malaysia, Australia, Afghanistan, hingga Indonesia, Anda bisa dengan mudah menemukan tanaman ini.


2. Bidara Bermanfaat Sebagai Obat


Bidara sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Seluruh bagian dari tanaman bidara dapat dimanfaatkan untuk pengobatan. Mulai dari bagian batang, pohon, buah, hingga daunnya memiliki khasiat masing – masing.


3. Bidara Dapat Dimasak


Meskipun populer dijadikan sebagai obat herbal, bidara ternyata juga enak untuk dijadikan sebagai masakan. Dengan pengolahan yang tepat, daun bidara dapat dioseng, disajikan bersama olahan ikan dan lainnya. Tidak hanya untuk makanan saja, daun bidara ini juga bisa diolah menjadi minuman. Salah satu contohnya yakni ekstrak teh daun bidara yang kaya akan antioksidan.


Apa Saja Manfaat Daun Bidara?


Daun bidara memiliki kandungan yang sangat kaya. Diantaranya mengandung polifenol, saponin dammarane, vitamin, asam lemak tak jenuh, asam amino, siklopeptida alkaloid dan banyak lainnya. Dengan banyaknya nutrisi yang terdapat di dalamnya, tidak heran jika tanaman tersebut memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. 

 

Adapun beberapa manfaat bidara diantaranya adalah seperti berikut:


1. Bisa untuk Mengatasi Insomnia


Khasiat bidara yang pertama adalah untuk mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Pada tanaman bidara, terdapat senyawa saponin yang berkhasiat untuk menenangkan. Jadi, bagi Anda yang mengalami gangguan tidur pada malam hari, dapat mengonsumsi ekstrak bidara untuk meningkatkan kualitas tidur. Istirahat yang berkualitas akan membuat tubuh Anda semakin bugar dan terjaga kesehatannya.


2. Mengatasi Bakteri dan Virus


Selanjutnya, khasiat bidara juga baik untuk mengatasi bakteri dan juga virus. Pasalnya, bidara merupakan tumbuhan yang mengandung anti bakteri. Inilah mengapa daun bidara dapat digunakan untuk mengatasi sakit ringan yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri.


3. Membantu Proses Peremajaan Kulit


Tidak hanya berkhasiat dari segi kesehatan, daun bidara juga bisa digunakan dalam hal kecantikan kulit. Dimana kandungan polifenol dan flavonoid yang terdapat pada tumbuhan tersebut kaya akan antioksidan sekaligus anti bakteri. Sehingga sangat baik untuk digunakan sebagai produk kecantikan, terutama membantu proses peremajaan kulit.


Selain itu, kandungan anti inflamasi yang terdapat pada daun bidara juga dapat digunakan untuk menyejukkan kulit. Itulah mengapa beragam skincare berbahan herbal juga mengandung ekstrak daun bidara. Khasiatnya sendiri mulai dari untuk mengatasi peradangan, masalah jerawat, ruam, hingga terbakar matahari.


4. Menghambat Pertumbuhan Tumor dan Kanker


Manfaat daun bidara yang lainnya adalah digunakan untuk pengobatan bagi pasien yang menderita penyakit tumor atau kanker. Kandungan antioksidan pada tanaman ini disinyalir berdampak sangat baik khususnya untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Dimana nantinya sel-sel tersebut tidak berkembang dengan cepat dan membuat system tubuh lebih cepat tumbang.


5. Mengatasi Beragam Masalah Pencernaan


Apakah Anda sering mengalami maagh ataupun kram perut? Jika demikian, sangat baik jika menggunakan bidara sebagai herbal pendamping. Dimana daun bidara ini membantu membuat dinding lambung terlindungi dari zat asam berlebih. Dengan begitu pemicu asam lambung bisa diminimalisir dengan lebih efektif.


Selain itu, bidara juga memiliki kandungan zat antipasmodik yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit pada perut Anda. Terutama ketika terjadi kontraksi berlebih yang mengakibatkan kram perut.


6. Perawatan Rambut Rontok


Tanaman bidara juga sangat baik digunakan untuk perawatan rambut. Tonik yang dihasilkan dari ekstrak bidara dipercaya dapat menguatkan akar rambut, serta mencegah terjadinya kerontokan.


Oleh karenanya bagi Anda yang mempunyai riwayat rambut rontok, dapat menggunakan tanaman ini sebagai terapi. Salah satunya dengan cara merebusnya, kemudian mengoleskannya pada akar rambut untuk mencegah kerontokan berlebih.


7. Penurun Demam Alami


Demam tidak selalu harus diobati menggunakan obat kimia seperti parasetamol. Anda juga bisa menggunakan bahan herbal alami yang lebih aman bagi tubuh. Terutama jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama nantinya.


Baca Juga: Manfaat Daun Pandan Dalam Kehidupan Sehari-hari


Bidara ini juga bisa digunakan sebagai obat penurun demam. Dimana senyawa flavonoid dalam bidara berkhasiat menurunkan suhu tubuh yang panas akibat demam.


8. Menyembuhkan Luka


Pada tanaman bidara juga terdapat kandungan flavonoid, tanin dan juga zat saponin yang bermanfaat untuk menghentikan pendarahan. Selain itu baik juga untuk proses menutup luka pada kulit dan juga mempercepat proses penyembuhannya.

 

Jadi, Anda bisa menggunakan bidara sebagai obat herbal untuk mengatasi luka ringan. Misalnya saja luka karena jatuh, lecet, ataupun sejenis luka bakar ringan lainnya.


9. Menyembuhkan Gangguan Wasir


Khasiat bidara yang lainnya adalah dapat digunakan untuk menyembuhkan wasir. Bagi penderita wasir, bidara dapat digunakan sebagai herbal pendamping. Selain mengonsumsi rebusan air dari ekstrak bidara, bagian daunnya juga dapat diaplikasikan langsung pada bagian anus yang bengkak.


10. Meningkatkan Kesehatan Jantung


Tanaman bidara juga memiliki kandungan neolignan, dimana senyawa ini memang sangat baik bagi peredaran darah maupun kesehatan jantung. Namun, tentu saja tidak cukup hanya mengonsumsi daun bidara saja. Pastikan Anda juga konsisten menerapkan pola makan dan pola hidup sehat untuk mengimbanginya.


Cara Penggunaan Daun Bidara yang Disarankan


Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal dari daun bidara, tentunya perlu diketahui bagaimana cara penggunaan yang benar untuk herbal tersebut. Untuk mendapatkan khasiat dari tanaman bidara, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menggunakannya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.


1. Direbus


Cara penggunaan tanaman bidara yang pertama adalah dengan cara direbus. Daun bidara segar dapat direbus menggunakan air, kemudian dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan khasiat dari herbal tersebut.


2. Ditumbuk


Untuk penggunaan bidara sebagai obat luar, misalnya digunakan sebagai obat luka, gatal, jerawat, ataupun obat wasir yang dioleskan secara langsung. Anda dapat memanfaatkan bagian daunnya yang masih segar.


Pertama-tama daun perlu ditumbuk sampai halus, baru kemudian dioleskan secara langsung pada bagian tubuh yang membutuhkan. Misalnya dioleskan pada luka, dijadikan sebagai masker wajah, ataupun dioleskan pada anus yang bengkak dan lain sebagainya.


3. Diolah Menjadi Ekstrak


Bidara juga sering digunakan sebagai obat-obatan herbal dan dikemas secara profesional. Caranya yaitu dijadikan sebagai ekstrak kemudian dikemas secara modern. Baik menggunakan kapsul ataupun bentuk lainnya.


Selain dibuat menjadi obat-obatan herbal, ekstrak bidara juga sering diolah menjadi berbagai produk komersial. Misalnya dijadikan sebagai ekstrak minyak, sabun dan lain sebagainya.


4. Dijadikan Sebagai Masakan


Untuk mendapatkan khasiat dari tanaman bidara, Anda juga dapat mengolahnya menjadi berbagai masakan. Mulai dari dibuat menjadi tumisan, hingga dicampurkan dengan berbagai bahan makanan lainnya. Dengan metode pengolahan yang tepat, masakan yang terbuat dari daun bidara juga tidak kalah lezat, Lho.


5. Dikeringkan Menjadi Teh


Terakhir, daun bidara ini juga bisa diolah menjadi minuman herbal menyehatkan. Salah satunya dengan cara dikeringkan, kemudian dijadikan sebagai teh. Untuk cara mengonsumsinya, teh bidara dapat diseduh dengan air panas. Jika ingin menambah cita rasa, Anda dapat menambahkan madu sebagai pemanis.


Apa Saja Efek Samping Mengonsumsi Bidara?


Selain banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman bidara, ternyata tanaman herbal tersebut juga memiliki beberapa efek samping yang perlu diketahui. Ini sangat penting untuk diketahui sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya sebagai obat herbal.


Baca Juga: Kandungan Kulit Pisang Ternyata Baik Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Kandungan senyawa aktif yang terkandung pada bidara dapat mengakibatkan beberapa efek samping. Sehingga penggunaannya pun harus diawasi dan dibatasi agar tidak berlebihan. Apa saja kira-kira efek samping mengonsumsi daun bidara?


1. Mengantuk


Efek samping paling ringan dari mengonsumsi bidara yakni timbulnya rasa kantuk. Hal ini karena senyawa yang terdapat pada tanaman bidara memang bisa memberikan efek tenang yang berlebihan. Sehingga apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak akan memberikan efek samping yang serius. Oleh karenanya, pengonsumsian herbal ini juga perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Terutama jika Anda berencana mengendarai kendaraan sendiri nantinya.


2. Alergi


Efek samping konsumsi bidara yang selanjutnya adalah dapat menimbulkan reaksi alergi. Orang yang memiliki riwayat alergi terhadap senyawa yang terkandung dalam tanaman herbal tersebut. Dapat mengalami berbagai reaksi seperti gatal, ruam, panas atau bahkan bengkak.


3. Mual dan Muntah


Paska mengonsumsi bidara, Anda juga bisa merasakan efek samping berupa rasa mual dan muntah. Hal ini bisa terjadi karena salah pengolahan dan sebab lainnya. Salah satu contohnya yakni salah mengolah bidara sehingga memicu timbulnya rasa pahit yang berkepanjangan pada lidah Anda. Selain merusak sensor rasa pada lidah, Anda juga dapat mengalami gejala mual ataupun muntah setelah mengonsumsi herbal tersebut.


4. Kaku Pada Wajah dan Leher


Efek samping dari daun bidara selanjutnya adalah dapat mengakibatkan wajah dan leher terasa kaku. Hal tersebut dipicu oleh kandungan senyawa yang terdapat pada bidara yang mempengaruhi sistem saraf. Inilah mengapa jika dikonsumsi dalam kadar berlebih akan membuat area wajah dan leher akan terasa kaku. Kemudian dapat juga menjalar pada bagian tubuh lainnya. Sehingga apabila reaksi ini terjadi, perlu diambil langkah-langkah pencegahan secepatnya.


5. Mengakibatkan Kejang


Mengonsumsi bidara dapat mengakibatkan kejang memang bukan sekedar mitos. Zat alergen yang terkandung pada tanaman bidara, dapat membuat nafas menjadi pendek. Atau bahkan parahnya lagi dapat mengakibatkan kejang-kejang.


Oleh karena itu, pengonsumsian herbal ini juga harus dilakukan dengan benar dan metode pengolahan yang disarankan. Tentu saja sangat penting untuk mengetahui bagaimana pengolahan serta takaran serta dosis yang tepat.


Kesimpulan


Bagaimana, ternyata bidara ini merupakan tanaman herbal yang sangat kaya manfaat, ya? Hampir semua bagian tumbuhannya saja bisa diambil khasiatnya. Meskipun begitu, dalam beberapa kondisi bidara ini juga bisa mendatangkan resiko berupa gangguan kesehatan tertentu. Jadi pastikan Anda tetap bijak mengolah dan mengonsumsi bidara sebagai obat herbal nantinya. Manfaat daun bidara memang banyak, namun resikonya atau efek sampingnya juga penting untuk diperhatikan. Jika sobat ingin membaca artikel kesehatan lainnya bisa di lihat di Sang Hamba yang akan memberikan beberapa ulasan menarik lainnya.

Kontributor adalah seorang praktisi dan konsultan yang ahli dibidang penerapan sistem manajemen mutu laboratorium berdasarkan ISO/IEC 17025: 2017. Semoga blog ini menjadi sarana berbagi dan silaturahmi kita sesama personel laboratorium.

Silahkan berkomentar yang positif ya sobat
EmoticonEmoticon

Video Ulasan ISO 17025