Kamis, 03 Juni 2021

Kandungan Kulit Pisang Ternyata Baik Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan Kulit Pisang - Halo sobat labmutu, kita kembali untuk membahas kandungan bahan alami yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita dan kecantikan kaum hawa. Banyak diantara kita yang terkadang menyepelekan sisa makanan yang satu ini. Tak hanya buahnya yang memiliki kandungan yang baik, ternyata kulitnya juga mengandung nutrisi yang baik jika dimanfaatkan.

 

kandungan kulit pisang dan manfaatnya


Memang hal ini terdengar konyol apabila ada informasi bahwa kulit pisang bisa dikonsumsi sama seperti buahnya. Kira kira Anda mau menyicipinya? sekalian menjaga lingkungan dari limbah organik. hehehe...


Namun jika teman-teman merasa tidak enak saat mengkonsumsi kulit pisang, bisa dikonsumsi dengan cara di rebus. Nah, rebusan airnya kemudian di minum, itu jauh lebih baik karena tentunya lebih segar bukan?


Namun teman-teman harus memastikan jika ingin langsung mengkonsumsi kulit pisang, yakni harus dicuci dengan bersih agar kotoran yang menempel tidak ikut dikonsumsi.


Kandungan Nutrisi Kulit Pisang


Hampir tidak ada perbedaan kandungan kulit  pisang dengan buahnya. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi kulit pisang


Serat


Serat adalah jenis dari karbohidrat yang komplek dan tidak dapat dicerna oleh tubuh, namun bukan berarti tidak dapat dicerna tetapi kita tidak boleh mengkonsumsinya. Serat yang terdapat di dalam kulit pisang terdapat dalam 2 jenis yakni serat yang dapat larut di dalam air dan sebaliknya, tidak dapat larut dalam air.


Serat yang dapat larut dalam air, akan menjadi gel sehingga sangat baik untuk melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh. Sedangkan serat yang tidak dapat larut dalam air memiliki sifat dapat menarik air ke dalam feses sehingga inilah yang menyebabkan proses BAB menjadi lebih lancar.


Nah bagi teman-teman yang merasa sulit untuk BAB, ada baiknya mengkonsumsi rebusan kulit pisang atau mencuci kulit pisang dan langsung mengkonsumsinya.


Vitamin B6 dan Vitamin B12


Vitamin B6 atau yang sering kita kenal sebagai senyawa Pyridoxine yang berfungsi untuk membantu dalam pembentukan hemoglobin yang berperan dalam mengedarkan oksigen di dalam darah ke seluruh tubuh. Vitamin B6 juga sangat berperan untuk merubah protein dan karbohidrat dari makanan agar menjadi energi.


Vitamin ini juga sangat bermanfaat untuk saluran pencernaan otot dan beberapa bagian pada sistem imunitas sehingga kita jadi lebih jarang sakit. 


Vitamin B12 adalah sering kita kenal dengan senyawa Cobalamin, yang memiliki manfaat untuk memproduksi sel darah merah dan juga berfungsi untuk membantu pembentukan vitamin B9. Selain itu, fungsi vitamin b12 juga sangat baik untuk proses pencernaan nutrisi dari dalam makanan serta juga menjaga sistem saraf agar tetap sehat.


Mengandung Magnesium dan Kalium


Logam magnesium dan kalium ternyata memiliki peranan penting di dalam tubuh, karena hampir semua sistem metabolisme membutuhkan mineral ini. Keberadaan magnesium di dalam tubuh memiliki peran terhadap 300 reaksi biokimia termasuk dalam metabolisme makanan, sintesis asam lemak, dan protein.


Sama halnya dengan vitamin B6 dan B12, bahwa mineral magnesium dan kalium membantu menghasilkan energi. Inilah yang sering kita rasakan pada saat tubuh kita kekurangan ion, tubuh menjadi lemas.


Lemak Tak Jenuh


Lemak tak jenuh atau unsaturated fat merupakan golongan lemak yang baik bagi kesehatan tubuh. Terdapat dua jenis lemak tak jenuh yaitu lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Lemak tak jenuh tunggal sering disebut juga Monounsaturated Faty Acid (MUFA). Dari bahasanya kita sudah ketahui bahwa di dalam senyawa lemak ini, mengandung satu ikatan rangkap. Lemak tak jenuh golongan MUFA ialah palmitoleat, asam oleat dan asam vaksenik.


Lemak tak jenuh berikutnya adalah jenis ganda atau yang sering disebut sebagai Polyunsaturated Fatty Acids (PUFA). Sesuai dengan istilahnya, jenis lemak ini memiliki lebih dari 1 ikatan rangkap. Asam lemak ganda ini juga sering kita kenal sebagai Omega yaitu omega-3 dan omega-6. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa semakin banyak ikatan rangkap suatu asam lemak, maka ia semakin baik untuk kesehatan.


Secara umum manfaat dari lemak tak jenuh adalah mampu mencegah penyakit jantung dan merangsang pertumbuhan otak.


Asam Amino Esensial


Asam amoni esensial adalah jenis asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga kita membutuhkannya dari luar seperti dari makanan yang kita makan. Agar proses metabolisme berjalan lebih baik, kita membutuhkan 20 jenis asam amoni yang terdapat di alam. Tentunya 20 jenis asam amino tersebut tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.


Adapun manfaat dari asam amino adalah meningkatkan masa otot, memelihara kesehatan jantung, menjaga keseimbangan hormon dan enzim dan meningkatkan daya ingat dan stamina tubuh.


Cara Mengkonsumsi Kulit Pisang


Setalah anda membaca nutrisi yang terkandung di dalam kulit pisang, sepertinya tak lengkap jika kami tidak memberikan informasi bagaimana cara mengkonsumsi kulit pisang yang sehat dan lezat tentunya. Beriku ini beberapa cara penyajika kulit pisang agar bisa dikonsumsi.


Bubur Kulit Pisang


Bubur kulit pisang bisa dibuat dengan cara: (1) cuci bersih kulit pisang; (2) haluskan 1 buah kulit pisang dan tambahkan dengan 3 sendok makan gandum; (3) tambahkan dengan 1 gelas air minum; (4) langsung konsumsi agar bubur tidak teroksidasi.


Minuman Herbal


Untuk menyajikan minuman yang menyehatkan ini, anda cukup menyediakan 1 gelas air putih, 1 buah kulit pisang dan 1/2 sendok teh kayu manis. Didihkan kulit pisang dan air selama 3 menit, selanjutnya masukkan ke dalam gelas dan tambahkan kayu manis yang telah disiapkan sebelumnya.


Minuman Penambah Ion Tubuh


Ramuan ini sangat cocok untuk menambah cairan tubuh dengan cara, siapkan 3 buah kulit pisang yang bersih serta 3 gelas air. Didihkan campuran tersebut di dalam panci selama 5 menit, kemudian saring larutan dan minum airnya segera mungkin.


Baca Juga: Kandungan dan Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil


Nah, itulah ulasan mengenai kandungan kulit pisang untuk kesehatan, semoga informasi yang kami sampaikan, bisa menambah wawasan kita. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan pada kolom komentar. Wassalam...

Web ini dibuat atas dasar cinta dan kasih sayang untuk membagikan informasi yang telah diperoleh sejak tahun 2013, semoga bisa membawa manfaat untuk kita semua, aamiin.


EmoticonEmoticon