Jumat, 07 Mei 2021

APA ITU ISO 17025 : Inilah Penjelasan Lengkapnya

Apa itu ISO 17025 ? tentunya hal ini muncul di benak para rekan-rekan yang bekerja atau berkecimpung di dunia laboratorium, khususnya laboratorium pengujian atau kalibrasi. Baiklah, disini kami akan menjelasakan secara lengkap dan menggunakan bahasa yang sederhana agar teman-teman mendapatkan informasi yang lengkap dari halaman ini.

 

apa itu iso 17025


Sebelum kita ulas lebih dalam, disini kami menginformasikan bahwa Anda sangat tepat mengunjungi halaman ini karena pada website ini kami mengulas secara detail mengenai iso 17025 termasuk dokumen yang dibutuhkan, persyaratan, cara menerapkan dan cara melakukan tindakan perbaikan dari hasil temuan asesor.


Pengertian ISO 17025


ISO 17025 adalah sistem manajemen yang dikembangkan untuk panduan bagi laboratorium yang melakukan pengujian atau kalibrasi agar organisasinya mendapatkan pengakuan dari Badan Akreditasi yang sah. Sehingga organisasi tersebut menjadi lebih terpercaya atau memiliki kredibilitas yang handal.


Kenapa saya katakan demikian? karena bagi laboratorium yang telah konsisten dalam menerapkan ISO 17025 maka ia sudah bisa dikatakan memiliki kompetensi yang mumpuni dalam menyajikan data hasil pengujian.


Di Negara Kesatuan Republik Indonesia, hanya 1 lembaga yang diberikan wewenang oleh ISO untuk memberikan sertifikasi pada organisasi yang ingin di akreditasi ISO 17025 yaitu Komite Akreditasi Nasional (KAN). Oleh sebab itu bagi rekan rekan yang ingin melakukan pengajuan atau mendapatkan sertifikat akreditasi iso 17025 maka dapat mengunjungi halaman www.kan.or.id


Cara Mendaftar ISO 17025


Untuk mendapatkan atau cara mendaftarkan proses akreditasi laboratorium berdasarkan SNI ISO/IEC 17025: 2017 Anda bisa mengujungi halaman ini Prosedur dan Persyaratan Akreditasi Laboratorium ISO/IEC 17025: 2017

 

Biaya Akreditasi ISO 17025


Setelah anda membaca prosedur dan persyaratan di atas, maka tentunya anda bertanya-tanya, berapa sih biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan sertifikat akreditasi ISO 17025?


Baik jika anda ingin membaca secara detail mengenai biaya dan tarif akreditasi silahkan kunjungi halaman ini Inilah Biaya atau Tarif untuk Mendapatkan Akreditasi ISO 17025

 

Dokumen Mutu Laboratorium Yang Diperlukan Untuk Menjalankan Sistem ISO 17025 versi 2017

 

Setelah anda membaca halaman cara mendaftar dan biayanya, sekarang tentunya anda berfikir, apa saja dokumen yang harus dipersiapkan oleh laboratorium ya?

 

Sedikit saya singgung bahwa untuk menjalankan sistem manajemen mutu laboratorium berdasarkan ISO 17025 versi 2017, adapun dokumen yang harus disiapkan oleh laboratorium adalah:

 

  • Panduan Mutu Laboratorium
  • Prosedur Mutu Laboratorium
  • Instruksi Kerja meliputi Instruksi Kerja Pengujian, Alat dan Umum
  • Formulir Pendukung
  • Lampiran Pendukung


Itu 5 kelompok dokumen yang harus disiapkan oleh laboratorium, jika anda adalah baru pertama kali ingin menerapkan ISO 17025 versi 2017 tentunya anda pusing harus cari referensi dari mana, Tenang saja disini kami menyediakan template dokumen mutu laboratorium yang bisa anda cek di halaman ini Template Dokumen Mutu ISO 17025


Selain itu, untuk menambah wawasan rekan rekan sekalian silahkan kembali ke beranda website ini dan cari pada bagian menu pilihan ISO 17025 maka disitu tersusun semua klausul iso 17025 untuk bahan pembelajaran bagi rekan rekan sekalian.


Akhirnya sampai pada akhir penjelasan dari kami, kami sangat berharap semoga artikel singkat kami ini bisa memberikan motivasi, informasi dan wawasan bagi teman-teman yang baru saja ingin mempelajari ISO 17025 secara utuh. 


Apalagi bagi teman-teman Freshgraduate, sangat bagus jika sebelum bekerja, sudah memiliki kompetensi ISO 17025. Tentunya hal ini akan menjadi pertimbangan khusus bagi para Tim HRD untuk merekrut teman-teman karena sudah memiliki pengetahun yang dalam tentang sistem manajemen mutu laboratorium.


Demikian dari kami, wassalamualaikum wr. wb.


Untuk tanya-tanya atau chat silahkan kontak ke 0821-7254-5061. Salam sehat dan sukses selalu untuk kita semua... Terimakasih

Kontributor adalah seorang praktisi dan konsultan yang ahli dibidang penerapan sistem manajemen mutu laboratorium berdasarkan ISO/IEC 17025: 2017. Semoga blog ini menjadi sarana berbagi dan silaturahmi kita sesama personel laboratorium.

Silahkan berkomentar yang positif ya sobat
EmoticonEmoticon

Video Ulasan ISO 17025