Sabtu, 29 Mei 2021

Sumber Protein Nabati Untuk Makanan Sehari Hari

Sumber Protein Nabati, Labmutu.com - Protein sangat dibutuhkan untuk metabolisme tubuh diantaranya untuk menjaga imunitas tubuh serta perbaikan sel secara terus menerus. Mengingat tingginya kebutuhan akan sumber protein, terdapat beberapa pilihan sumber protein yang hendak di konsumsi.

 

sumber protein nabati


Kebutuhan asupan protein yang cukup banyak dalam kehidupan sehari-hari mengakibatkan pentingnya memahami dari mana sumber protein yang baik untuk tubuh sehingga metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik.


Apa Itu Protein?


Sebelum lebih dalam kita membahas sumber protein nabati, ada baiknya kita mengulas lagi, apa itu protein.


Protein adalah sesuatu molekul yang berperan sebagai zat gizi dan diperlukan oleh tubuh. Senyawa protein terdiri dari beberapa unsur dominan yaitu karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O) dan nitrogen (N). Beberapa golongan asam amino, terdapat juga unsur fosfor (P) dan belerang (S).


Berdasarkan sumbernya, protein dapat berasal dari hewan atau yang sering disebut sebagai protein hewani dan berasal dari tumbuhan yang disebut sebagai protein nabati.


Kedua jenis protein tersebut hampir sama bentuk molekulnya, namun yang membedakan adalah jenis asam amino penyusunnya dan kualitas dari proteinnya. Protein hewani jauh lebih komplek namun terkadang juga terdapat senyawa lain yang terikut seperti kolesterol.


Kita tahu bahwa kolesterol memiliki dampak yang buruk apabila dikonsumsi secara berlebih terutama bagi insan yang jarang ber-olahraga. Menyikapi hal itulah mengapa banyak orang lebih memilih protein nabati dari pada hewani. Namun bagaimanapun juga, Anda harus mendapatkan kedua jenis protein ini dengan seimbang.


Apa Fungsi Dari Protein?


Fungsi protein sangat beragam seperti membantu proses pertumbuhan sel baru dan memelihara sel lama agar tidak cepat terdegradasi atau sering dikenal dengan penuaan dini. Protein yang juga disebut sebagai nutrisi, juga berfungsi sebagai enzim, pengatur gerakan otot, menjaga imunitas tubuh dan sebagai transporter (alat pengangkut).


Dari penjelasan di atas, adapun fungsi utama protein adalah sebagai sumber untuk meremajakan sel lama dan mempercepat pembentukan sel baru. Protein juga dibutuhkan pada fase penyembuhan luka seperti pasca melahirkan. 


Makanan Yang Mengandung Protein Antara Lain


Mengingat fungsinya yang begitu penting, melalui artikel ini kami ingin memberikan informasi seputar makanan yang mengandung protein nabati dan protein hewani. Makan tersebut diantaranya:


Telur


Telur merupakan sumber protein yang sangat mudah dijumpai dan banyak terkandung di dalamnya. Jika Anda mencari artikel tentang makanan yang mengandung protein, tentunya yang disebutkan pertama adalah telur. 


Telur adalah makanan yang paling sehat dan mengandung gizi terlengkap setelah daging. Gizi tersebut adalah vitamin, mineral, lemak tidak jenuh dan mengandung antioksidan. Makanan terfavorit ini sangat mudah dijumpai. Hampir disetiap warung biasanya menyediakan telur. Menurut referensi yang kami himpun, dalam 1 butir telur mengandung 6 gram protein dan 78 kalori.


Kandungan gizi pada bagian putih telur dan kuningnya, memiliki perbedaan, diantaranya di dalam putih telur mengandung 3,6 gram dan pada bagian kuning 2,7 gram protein. Pada bagian putih telur, mengandung protein lebih kompleks dan hampir semua jenis asam amino esensial terkandung di dalamnya dari pada di bagian kuning telur.

 

Daging


Fungsi lain dari protein adalah meningkatkan masa otot seperti pada daging sapi. Sehingga di dalam daging sapi, kerbau, domba atau kambing juga mengandung protein yang tinggi. Selain mengandung protein, di dalam daging juga mengandung zat besi dan vitamin B12. 

 

Dada Ayam


Selain telur ayam, ternyata dada ayam juga mengandung protein yang terbilang tinggi. Daging ayam juga termasuk kedalam kategori sembako yang menjadi bahan kebutuhan harian masyarakat. Hal ini bukan karena tidak memiliki alasan, sebab kandungan nutrisi yang ada di dalamnya terutama protein sangatlah besar.


Kandungan protein pada ayam tidak tersebar pada seluruh bagian ayam melainkan yang paling tinggi terdapat pada dada ayam. Jika Anda mengkonsumsi daging ayam yang berasal dari bagian dada tanpa kulit mengandung 53 g protein dan hanya 284 kalori. Daging ayam memiliki cita rasa yang lezat sehingga sangat cocok untuk dijadikan berbagai olahan makanan.


Mengingat fokus pembahasan kita pada kali ini adalah sumber protein nabati, maka hanya 3 saja contoh yang kami sampaikan, untuk selanjutnya kita akan membahas sumber protein nabati. 


Sumber Protein Nabati


Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa sumber protein berasal dari hewan (hewani) dan tumbuhan (nabati), Nah pada ulasan kali ini kami khususkan untuk membahas sumber protein dari tumbuhan. Protein nabati adalah asam amino yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti dari buah, sayur, kacang-kacangan dan biji-bijian.


Inilah beberapa bahan makanan yang mengandung jenis protein nabati dan mudah ditemui disekitar kita:

 

Tahu

 

Tahu merupakan makanan yang berasal dari proses koagulasi perasan biji kedelai. Kandungan kedelai pada 100 gram tahu berkisar 8 gram sehingga sangat cocok dijadikan sebagai sumber protein nabati yang sangat mudah di jumpai di warung maupun pasar. 


Tempe


Tempe adalah produk makanan yang terbuat dari fermentasi biji kedelai dengan ragi. Proses pembuatan tempe terbilang mudah. Sama hal nya dengan tahu, makan yang satu ini juga mengandung protein nabati yang cukup tinggi. Dalam 100 gram tempe mengandung 20,8 gram protein. 


Kacang Almond


Almond merupakan jenis kacang-kacang yang berasal dari Amerika, dalam 100 gram kacang almond mengandung 6,5 gram protein. Belakangan juga banyak tersedia minuman dari kacang almond, nah bagi Anda yang kurang suka dengan cemilan sehat yang satu ini, ada baiknya mengkonsumsi susu almond untuk mendapatkan nutrisi protein yang terkandung di dalamnya.


Bayam


Salah satu jenis sayuran yang sering di konsumsi oleh masyarakat indonesia adalah sayur bayam. Yah, sayur bayam ternyata mengandung protein sebesar 0.03 % yang artinya dalam 100 gram daun bayam mengandung 3 gram protein.


Alpukat


Wow, cerita tentang alpukat, kok mimin jadi ngiler ya.. makanan ini juga mudah ditemui dan tersedia hampir setiap saat. Protein yang terkandung di dalam alpukat berkisar 4% sehingga sangat cocok dijadikan sebagai sumber makanan yang mengandung protein nabati.

 

Brokoli


Brokoli merupakan sayur terfavorit para ibu untuk memberikan makanan pada sang buah hati. Ternyata brokoli tidak hanya mengandung serat namun juga mengandung protein dalam jumlah yang lumayan yakni dalam 100 gram brokoli mengandung 2 gram protein (0,02%).


Demikianlah informasi mengenai protein nabati ini, semoga apa yang kami sampaikan bisa memberikan manfaat dalam menambah wawasan rekan-rekan sekalian. Silahkan bagikan artikel ini jika di rasa bermanfaat, sekian dari kami wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatu.

Web ini dibuat atas dasar cinta dan kasih sayang untuk membagikan informasi yang telah diperoleh sejak tahun 2013, semoga bisa membawa manfaat untuk kita semua, aamiin.


EmoticonEmoticon