Senin, 26 September 2022

Mengenal Kondensor Laboratorium dalam Penelitian Kimia

kondensor laboratorium

Kondensor Laboratorium - Bagi anak IPA tentunya kondensor laboratorium bukan lagi benda asing. Pada dasarnya melalui alat inilah nantinya praktek dalam laboratorium IPA dapat dilakukan. Tentunya adanya kondensor ini menjadi bagian penting untuk melakukan uji coba dalam praktek IPA khususnya dalam pelajaran kimia.


Umumnya kondensator ini mempunyai cara kerja yang hampir mirip dengan kondensor pada mobil. Namun, tentunya ada bagian yang membedakan. Lalu apa yang dimaksud dengan kondensor dalam laboratorium ini? Simak ulasannya berikut:


A. Sekilas Tentang Kondensor dalam Laboratorium


Seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwa kondensor laboratorium ini telah menjadi bagian alat yang penting dalam praktek laboratorium dalam lab kimia. Kondensator ini sebenarnya juga diambil dari kata kondensasi yang berarti adalah adanya perubahan yang terjadi dari gas ke cair.


Nantinya alat ini sendiri akan berfungsi untuk mendinginkan zat gas menjadi cair. Hal inilah kemudian yang membuat alat ini begitu menarik untuk dipelajari. Khususnya oleh anak IPA yang tentu harus familiar dengan alat satu ini.


Umumnya cara kerja alat ini nantinya akan melibatkan zat kimia yang mana za tersebut akan digunakan dalam proses perubahan gas ke cair. Biasanya alat ini pun bisa digunakan bersamaan dengan destilasi.


B. Mengenal Bentuk dari Kondensor dalam Laboratorium


Tentunya dalam mengana konsensesor dalam laboratoratorium ini tidak bisa meninggalkan bentuk dari alat tersebut. Pada dasarnya alat ini sendiri memiliki bentuk seperti layaknya tabung. Alat ini sendiri memiliki satu ruang yang digunakan sebagai pendinginan.


Hal inilah kemudian yang membuat kondensor ini memiliki fungsi yang cukup penting dalam penelitian. Khususnya untuk membuat penelitian dari gas menjadi cair. Tentunya dalam tabung ini sendiri nantinya akan menggunakan bahan kaca supaya bisa menahan elemen panas yang digunakan dalam penelitian.


Apalagi dalam proses ini sendiri nantinya akan melakukan proses pendinginan yang tentunya menyebabkan terjadinya perubahan suhu cukup drastis. Biasanya tabung ini nantinya juga akan memiliki satu kran pada bagian ujung atas. Hal ini dilakukan untuk membuat zat dapat kembali dicairkan dalam suatu wadah.


Baca Juga : Alat Laboratorium Kimia Yang Perlu Di Kalibrasi


C. Menilik Fungsi Kondensor dalam Laboratorium


Pada dasarnya adanya kondensor laboratorium ini tentunya menjadi bagian alat yang begitu bermanfaat untuk ilmu pengetahuan. Khususnya dalam pelajaran IPA.Kemudian apa saja fungsi dari kondensator ini sendiri:


1. Sebagai Bahan Ajar


Tentunya fungsi pertama dari adanya kondensor laboratorium ini adalah sebagai bahan ajar untuk pelajar. Tentunya dengan adanya alat ini maka, sistem pembelajaran kimia juga bisa dilakukan dengan lebih mudah.


Adanya alat kondensor ini tentunya pembelajaran terkait kondensor laboratorium ini maka, pelajar juga bisa lebih mudah dalam melakukan praktek. Hal inilah kemudian yang membuat alat ini penting dalam materi kimia.


2. Untuk Mengubah Uap Menjadi Air


Fungsi utama dari adanya kondensor laboratorium ini tentunya adalah sebagai alat untuk membantu pihak yang berkepentingan. Pada umumnya melalui alat ini nantinya ada proses yang memungkinkan adanya proses kimia dimana proses ini nantinya.


D. Cara Kerja Kondensor dalam Laboratorium


Seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwa kondensor laboratorium menjadi bagian penting untuk penelitian. Khususnya dalam melakukan penelitian kimia. Melalui penelitian ini lah nantinya dapat diketahui bahwa gas pun bisa kembali menjadi zat cair saat didinginkan.


Tentu hal ini menjadi satu penelitian yang membuat satu pemikiran baru bahwasannya tidak semua zat panas akan menjadi uap. Ada pula satu penelitian yang bisa membuktikan bahwa gas bisa diubah menjadi cair. Kemudian bagaimana sih cara kerja alat ini dalam membuktikan perubahan dua zat tersebut? Mari simak ulasan berikut:


1. Pada Destilasi


Pada destilasi sendiri nantinya kondensator ini akan digunakan untuk membuat elemen utama mendidih. Nantinya proses ini akan dilakukan dengan cara membuat elemen utama yang gampang menguap menjadi mendidih.


Hal ini dilakukan sebagai bentuk proses untuk kondensasi yang kemudian hasil dari uap tersebut akan kembali mencair. Tentunya nantinya cairan tersebutlah yang menjadi hasil proses dari alat kondensor tersebut.


2. Ekstraksi Soxhlet


Berbeda dengan bahan pertama yang cenderung menggunakan bahan cair dan mudah dalam melakukan perubahan bentuk zat. Pada proses berikut ini kondensasi akan dilakukan dengan bahan bubuk.


Nantinya penelitian ini memang akan menggunakan elemen yang pada dasarnya tidak mudah terlarut seperti halnya bijian tanah. Proses ini nantinya akan dilakukan dengan cara didihkan atau didistilasi kemudian kembali dipadatkan dengan tahap terakhir dipanaskan kembali.

 

Baca Juga : Lemari Asam atau Fume Hood yang Berkualitas Untuk Mendukung Kinerja Laboratorium


3. Refluks


Cara kerja yang terakhir akan menggunakan proses refluks dimana nantinya elemen volatil yang dilakukan pada titik didihnya. Nantinya uap-uap yang terkondensasi kembali pada bejana reaksi yang terjadi.


Demikianlah tadi sekilas tentang kondensor laboratorium yang menjadi bagian penting sebagai alat penelitian. Khususnya untuk penelitian kimia dalam mengetahui perubahan zat yang gas yang menguap kembali menjadi cair.

Kontributor adalah seorang praktisi dan konsultan yang ahli dibidang penerapan sistem manajemen mutu laboratorium berdasarkan ISO/IEC 17025: 2017. Semoga blog ini menjadi sarana berbagi dan silaturahmi kita sesama personel laboratorium.

Silahkan berkomentar yang positif ya sobat
EmoticonEmoticon

Video Ulasan ISO 17025