Kamis, 10 Juni 2021

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Daun Pepaya - Labmutu - Halo sobat, kali ini kita akan membahas mengenai topik kesehatan dan kecantikan yang memanfaatkan bahan alami dan tersedia disekitar kita. Kali ini kita akan membahas manfaat dari daun kates atau pepaya. Dalam bahasa latin, pepaya disebut juga dengan Carica papaya.


manfaat daun pepaya


Tanaman pepaya merupakan tanaman tropis yang berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan bagian Utara. Selain buahnya yang kaya manfaat sebagai sumber vitamin c, kita ketahui bersama bahwa daun pepaya juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja manfaatnya mari kita bahas bersama.


Sebenarnya semua bagian dari pepaya bermanfaat untuk kesehatan seperti biji dan akarnya, namun kita bahas terlebih dahulu bagian daunnya.

 

Kandungan Daun Pepaya


Sebelum kita bahas mengenai manfaatnya, mari kita bahas terlebih dahulu kandungan daun pepaya segar. Dalam 100 gram daun pepaya, mengandung senyawa berikut ini:


kandungan daun pepaya

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan


Setelah kita membahas mengenai kandungan senyawa di dalan daun pepaya, kini tiba saat nya kita membahas manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaatnya yaitu:


Menstabilkan Gula Darah


Masyarakat di Meksiko memanfaatkan daun pepaya untuk pengobatan tradisional dalam penyembuhan diabetes dan mengontrol gula darah. Hasil penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan yang mengandung gula darah tinggi, ternyata dapat diturunkan secara signifikan. 


Hal ini berikutnya dilanjutkan pada manusia yang ingin dilakukan terapi menggunakan daun pepaya. Mengapa daun pepaya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi diabetes? karena daun pepaya mengandung senyawa antioksidan untuk melindungi sel-sel yang terdapat di dalam pankreas. Sehingga pankreas lebih optimal dalam menghasilkan insulin.


Mencegah dan Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker


Berdasarkan hasil dari penelitian, ekstrak daun pepaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara. Namun sayangnya, penelitian tersebut baru pada tahap percobaan awal skala mikro dan belum diterapkan pada hewan percobaan atau bahkan manusia.


Melancarkan Fungsi Pencernaan


Kandungan serat dan beberapa nutrisi yang terkandung di dalam daun pepaya mampu mendukung fungsi sistem pencernaan di dalam tubuh menjadi lebih lancar. Selain itu kandungan papain mampu memecah protein besar menjadi ke dalam bentuk yang lebih sederhana dan kecil sehingga tubuh akan lebih mudah menyerap asam amino.


Dari hasil penelitian bahwa makanan yang ditambahkan serbuk papain dari buah pepaya yang ditambahkan ke dalam makanan, mampu mengatasi masalah pada sistem pencernaan, seperti sembelit dan mules.


Mengatasi Peradangan


Nutrisi dan senyawa yang terkandung di dalam daun pepaya seperti flavonoid, papain dan vitamin E, memiliki fungsi sebagai anti inflamasi. Sehingga secara tradisional, daun pepaya digunakan untuk menyembuhkan peradangan di dalam dan luar tubuh termasuk diantaranya adalah ruam kulit, nyeri sendi dan nyeri otot.


Berdasarkan hasil studi bahwa ekstrak daun pepaya mampu mengatasi dan mengurai peradangan dan pembengkakan pada kaki hewan percobaan. Namun hingga saat ini belum ada hasil penelitian secara ilmiah yang mencobanya pada manusia.


Melancarkan ASI


Jarang ada yang mengira bahwa ternyata daun pepaya mampu membantu untuk melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui. Hal ini pernah dibuktikan oleh peneliti bahwa kandungan Quercetin yang ada di dalam ekstrak daun pepaya mampu meningkatkan hormon prolaktin. Hormon prolaktin adalah hormon yang berfungsi untuk merangsang pembentukan ASI di dalam sistem metabolisme ibu menyusui.


Manfaat Daun Pepaya Untuk Kecantikan


Selain untuk kesehatan, daun pepaya juga memiliki manfaat untuk kecantikan diantaranya adalah untuk:


Mengatasi Jerawat Di Wajah


Jerawat merupakan hal yang paling ditakuti oleh para kaum wanita terutama para remaja. Penyebab timbulnya juga diperngaruhi oleh banyak faktor seperti perubahan hormonal, pemakaian produk kecantikan dan debu dari lingkungan. 


Daun pepaya ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat pada wajah, karena mengandung senyawa karpain yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Selain untuk mengatasi jerawat, karpain juga dapat mengatasi masalah kulit lainnya sehingga patut dijadikan sebagai tanaman herbal untuk mengatasi jerawat.


Mengatasi Flek Dan Noda Hitam Di Wajah


Adanya flek dan noda hitam pada bagian wajah tentunya akan menganggu penampilan dan kepercayaan diri kaum wanita. Untuk mengatasi hal itu, daun pepaya dapat digunakan untuk mengatasi flek dan noda pada bagian wajah. 


Kandungan karpain sangat bermanfaat untuk mengatasinya secara efektif, silahkan lakukan dengan cara meremas daun pepaya dengan air matang, kemudian menjadikan remasan tersebut sebagai masker wajah.


Mencegah Penuaan Dini


Manfaat daun pepaya ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi jerawat, flek dan noda hitam pada wajah. Kandungan asam amino yang terkandung di dalam daun pepaya, mampu mengatasi tanda penuaan dini di wajah seperti kerutan di bawah mata. 


Tidak hanya itu, ekstrak daun pepaya juga sering digunakan sebagai bahan aditif pada beberapa produk kecantikan.


Mencegah Rambut Rontok


Hasil dari penelitian ditemukan bahwa stres oksidatif yang tinggi pada tubuh dapat menyebabkan rambut rontok. Kandungan senyawa antioksidan yang terkandung di dalam daun pepaya seperti vitamin E dan flavonoid dapat mengatasi hal ini.


Baca Juga: Buah Yang Mengandung Vitamin C Disekitar Kita


Itulah ulasan mengenai manfaat daun pepaya untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kami sajikan, semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan isi kolom komentar dibawah ini. Terimakasih, salam sehat dan sukses selalu.

Web ini dibuat atas dasar cinta dan kasih sayang untuk membagikan informasi yang telah diperoleh sejak tahun 2013, semoga bisa membawa manfaat untuk kita semua, aamiin.


EmoticonEmoticon