Kamis, 11 Agustus 2022

7 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

manfaat buah durian untuk kesehatan

Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan - Sejauh ini manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Bahkan buah durian dianggap tidak bermanfaat bagi tubuh karena memiliki aroma yang sangat menyengat dan bisa memicu penyakit kolesterol.


    Namun banyak penelitian mengungkapkan bahwa buah durian memiliki banyak manfaat karena mengandung kaya akan vitamin dan lemak serta serat tinggi. Untuk lebih mengetahui lebih lanjut berikut 7 manfaat buah durian bagi kesehatan:


    Meningkatkan Gairah Seksual

     

    Manfaat buah durian untuk kesehatan yang pertama adalah dapat meningkatkan gairah seksual dengan membantu orang yang disfungsi ereksi. Hal tersebut menunjukkan bahwa buah durian sendiri termasuk ke dalam makanan afrodisiak yang berarti dapat meningkatkan kesehatan seksual.

     

    Buah durian dapat meningkatkan gairah seksual karena memiliki vitamin B6 dan kalium yang berguna untuk membantu melemaskan pembuluh darah. Selain itu pada pria yang sering mengonsumsi buah durian ternyata memiliki manfaat dapat meningkatkan kualitas sperma dan lebih cepat pergerakannya.

     

    Baca Juga :  Manfaat Daun Seledri dan Cara Pengolahan yang Paling Direkomendasikan

     

    Mempengaruhi Kesehatan Jantung

     

    Buah durian yang dianggap sepele oleh sebagian orang karena dapat mengakibatkan penyakit kolesterol, justru sebaliknya dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Hal ini disebabkan bahwa durian dapat menurunkan kolesterol jahat dimana dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

     

    Mencegah Pembentukan Sel Kanker

     

    Manfaat buah durian untuk kesehatan selanjutnya terdapat zat antioksidan yang ada di dalam buah tersebut, sehingga menangkal radikal bebas. Adapun zat radikal sendiri adalah zat yang dapat mempengaruhi pada pertumbuhan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh.

     

    Selain terdapat zat antioksidan, durian juga mengandung polifenol yang merupakan zat antikanker yang bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker. Bahkan ditambah dengan adanya banyak vitamin yaitu A, B dan E yang berguna untuk mencegah pertumbuhan sel-sel abnormal yang menyebabkan terjadinya kanker dalam tubuh.

     

    Kulit Berkilau dan Mencegah Penuaan

     

    Khasiat yang didapatkan pada buah durian untuk melindungi kulit agar tetap sehat dan berkilau adalah vitamin C, fitonutrien, polifenol dan flavonoid. Selain itu buah durian yang kaya akan zat-zat tersebut dapat memperbaiki struktur kulit agar tidak mudah keriput. Bahkan buah durian sendiri memiliki kandungan yang tak kalah penting untuk kesehatan kulit yakni banyak mengandung antioksidan.

     

    Daya Tahan Tubuh Meningkat

     

    Buah durian yang disepelekan oleh orang-orang karena sedikit kegunaanya, ternyata memiliki banyak vitamin C yang berguna untuk sistem imunitas. Dimana sistem imun sendiri merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk mencegah masuknya penyakit yang diakibatkan oleh infeksi.

     

    Vitamin C yang ada di buah durian juga dapat memberikan peningkatan daya tahan tubuh yang berfungsi agar tidak gampang terserang penyakit. Bahkan dalam studi ilmiah dikatakan bahwa buah durian yang mengandung vitamin C juga dapat membantu percepatan dalam proses penyembuhan luka.

     

    Meningkatkan Pembentukan Eritrosit

     

    Eritrosit atau disebut sebagai sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut sari-sari makanan serta oksigen. Dimana oksigen dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses metabolisme agar mendapatkan energi saat beraktivitas. Sehingga buah durian sangat penting dalam proses pembentukan eritrosit karena kandungan di dalamnya terdapat zat besi, folat serta tembaga.

     

    Mencegah Insomnia

     

    Insomnia adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh kesulitan tidur pada saat malam hari dan susah untuk memejamkan mata. Ternyata buah durian bisa menjadi solusi alternatif untuk dapat mencegah terjadinya insomnia dengan rutin setiap hari mengkonsumsi buah tersebut.

     

    Hal ini disebabkan karena buah durian memiliki senyawa yang bernama triptofan yang dapat memberikan efek rasa mengantuk atau disebut sedasi. Tidak hanya triptofan sendiri, ada vitamin B kompleks, zat besi serta kalsium yang dapat menimbulkan kualitas tidur jauh lebih baik.

     

    Demikian ulasan mengenai manfaat buah durian untuk kesehatan . Untuk diketahui, durian bukan hanya mengandung kolesterol saja akan tetapi, memiliki banyak kandungan atau zat-zat yang baik bagi tubuh serta dapat memberikan kesehatan yang lebih baik dari sebelumnya.
     

    Kontributor adalah seorang praktisi dan konsultan yang ahli dibidang penerapan sistem manajemen mutu laboratorium berdasarkan ISO/IEC 17025: 2017. Semoga blog ini menjadi sarana berbagi dan silaturahmi kita sesama personel laboratorium.

    Silahkan berkomentar yang positif ya sobat
    EmoticonEmoticon

    Video Ulasan ISO 17025