Selasa, 16 Agustus 2022

Manfaat Daun Ceri untuk Kesehatan, Rasakan Khasiatnya

manfaat daun ceri untuk kesehatan

 

Manfaat daun ceri untuk kesehatan banyak orang yang belum mengetahuinya bahkan tidak tahu sama sekali khasiat di dalamnya. Ternyata tak hanya buahnya saja yang dapat digunakan, tapi bagian daunnya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kandungan yang baik bagi tubuh.

 

Daun ceri atau kersen bisa dijadikan sebagai obat tradisional yang hasil penelitiannya sudah diterapkan secara terbatas di Peru hingga Filipina. Hasil penelitiannya dapat menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya ada pada 7 manfaat daun ceri yang berguna untuk kesehatan tubuh berikut ini:

 

1. Dapat Mengendalikan dan Mengobati Asam Urat

 

Manfaat daun ceri untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mengobati asam urat dengan cara menghambat peningkatan kadar enzim Xantin oksidase. Hal ini disebabkan karena senyawa yang terkandung di dalam daun ceri berupa flavonoid yang membantu menurunkan kadar asam urat.

 

Untuk mendapatkan ekstrak daun ceri yang bermanfaat untuk mengobati asam urat adalah dengan cara direbus oleh air. Rebusan air dengan sehelai daunnya dapat dikonsumsi setiap harinya agar mendapatkan hasil berupa penurunan asam urat yang secara perlahan.


2. Mengatasi Batuk, Flu dan Radang Tenggorokan


Manfaat yang berikutnya adalah bisa mengatasi batuk serta radang tenggorokan yang didalamnya terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Selain radang tenggorokan yang bisa disembuhkan juga adalah peradangan ringan lainnya seperti sariawan yang tumbuh di sekitar mulut.

 

Bahkan dapat menyembuhkan penyakit flu yang disebabkan masuknya bakteri ke dalam tubuh. Sehingga secara keseluruhan manfaat daun ceri dapat mengatasi flu, batuk hingga radang tenggorokan karena daunnya memiliki zat antibakteri.

 

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

 

Tidak hanya batuk saja, tapi penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan hanya meminum air rebusan daun ceri. Pembuatan rebusan air daun ceri betul-betul harus diperhatikan, salah satunya adalah daunnya harus dijemur terlebih dahulu sampai kering.

 

Setelah daun ceri sudah kering, maka bisa digunakan dengan cara diseduh bersama air putih panas seperti air teh. Hasil seduhan dari daun ceri yang telah dikeringkan sebelumnya tersebut dapat diminum oleh penderita secara rutin dua kali sehari.

 

4. Dapat Mengontrol Kadar Gula Tubuh

 

Jika kadar gula yang ada di dalam tubuh tidak dikontrol maka penderita akan mengidap penyakit diabetes yang mengakibatkan serangan jantung. Pada daun ceri mengandung flavonoid dan saponin yang berguna untuk mengoptimalkan hormon insulin agar gula tidak menumpuk di dalam darah.

 

Pada saat penderita sedang mengalami peningkatan gula dalam darah, sangat disarankan untuk meminum air rebusan daun ceri yang telah dibuat. Bahkan bisa dijadikan minuman herbal rutin setiap hari agar terhindar dari penyakit gula darah yang bisa mengakibatkan stroke.

 

Baca Juga :  Manfaat Daun Seledri dan Cara Pengolahan yang Paling Direkomendasikan

 

5. Mencegah Timbulnya Kanker

 

Sebagai salah satu penyakit yang mematikan meski sudah ada obatnya, akan tetapi angka harapan hidup masih susah untuk diperkirakan. Sel kanker sendiri bisa tumbuh dan berkembang dengan baik disebabkan efek radikal bebas yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh.

 

Hal inilah yang mendorong banyak orang untuk mengobati penyakit kanker karena manfaat daun ceri untuk kesehatan yang begitu besar. Kandungan daun ceri sendiri diantaranya tanin, flavonoid, dan saponin yang merupakan senyawa antioksidan sehingga mampu mencegah radikal bebas dari kanker.

 

6. Mengobati Gangguan Pencernaan

 

Manfaat daun ceri yang terakhir adalah mengatasi masalah pencernaan dengan kandungan flavonoid, flavon, dan auron yang berperan sebagai antibakteri. Bakteri E.coli yang mengakibatkan penyakit dapat ditangkal dengan ekstrak daun ceri.


Itulah beberapa manfaat daun ceri untuk kesehatan yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit termasuk kanker yang mematikan. Bahkan pengolahannya sangat mudah dengan air satu liter setiap 100 gram daun ceri lalu direbus dan disaring untuk mendapatkan ekstraknya.

Kontributor adalah seorang praktisi dan konsultan yang ahli dibidang penerapan sistem manajemen mutu laboratorium berdasarkan ISO/IEC 17025: 2017. Semoga blog ini menjadi sarana berbagi dan silaturahmi kita sesama personel laboratorium.

Silahkan berkomentar yang positif ya sobat
EmoticonEmoticon

Video Ulasan ISO 17025