Senin, 17 Oktober 2022

Memahami K3 Laboratorium Kimia untuk Terhindar dari Bahaya

k3 laboratorium kimia

K3 Laboratorium Kimia (1) - Adanya K3 laboratorium kimia tentunya menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan. Pada dasarnya laboratorium kimia memang memiliki berbagai bahan-bahan kimia yang bisa berbahaya bila tidak tepat dalam menggunakannya.


Hal inilah kemudian yang membuat adanya pemahaman terkait keselamatan dan kesehatan kerja (K3) menjadi hal penting. Khususnya bagi seseorang yang bergelut di dalamnya. Lalu apa sebenarnya K3 ini dan apa yang perlu diperhatikan? Mari simak ulasan berikut:


Sekilas Tentang K3 Laboratorium Kimia 


Seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwa adanya pemahaman terkait keselamatan dan kesehatan kerja (K3)  penting dalam suatu laboratorium. Apalagi laboratorium sendiri menjadi bagian ruang yang di beberapa perusahaan atau bahkan sekolah.


Biasanya ruang laboratorium ini sendiri digunakan sebagai ruang untuk melakukan berbagai macam penelitian. Hal inilah kemudian yang membuat adanya K3 yang diperhatikan peneliti dalam menggunakan laboratorium sangat penting.


Apalagi dalam laboratorium kimia yang memiliki berbagai bahan kimia berbahaya bila tidak digunakan dengan tepat. Bahkan dalam beberapa kasus pun kesalahan dalam penggunaan bahan kimia ini bisa menyebabkan kecelakaan yang membahayakan pada penelitinya.


Inilah kemudian yang membuat adalah K3 laboratorium kimia menjadi poin yang harus diperhatikan bagi setiap orang yang akan masuk ataupun menggunakan lab tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga diri sendiri dan orang sekitar atas kemungkinan yang bisa saja terjadi.

 

Berbagai kegiatan dalam lab kimia ini pun menjadi penting untuk diperhatikan oleh setiap orang yang berkepentingan. Khususnya dalam menghindari terjadinya kecelakaan dalam laboratorium yang tentunya bisa sangat berbahaya.

 

Lalu Apa yang Perlu Diperhatikan?

 

Tentu supaya bisa memahami apa saja yang perlu dilakukan supaya bisa safety dalam melakukan penelitian dalam laboratorium peneliti perlu mengerti apa saja yang termasuk K3. Biasanya hal ini sendiri akan termasuk dalam peraturan tertulis yang perlu dipatuhi.

 

Tentunya bagi siapa saja yang akan melakukan penelitian dalam ruang laboratorium kimia. Kemudian apa saja poin penting tersebut? Mari simak ulasan berikut untuk mengetahui informasi lengkapnya:

 

Gunakan Baju Khusus Laboratorium

 

Tentunya penggunaan pakaian khusus untuk laboratorium menjadi poin paling penting dari K3 laboratorium kimia yang harus dipatuhi. Pada dasarnya pakaian yang digunakan ini nantinya adalah pakaian yang sudah disesuaikan dengan standar keamanan di lab.

 

Biasanya pakaian lab sendiri akan cenderung memiliki desain yang panjang. Hal ini dilakukan  melindungi tubuh dari berbagai kemungkinan kontak langsung dengan bahan kimia. Penggunaan sarung tangan serta alas kaki juga menjadi bagian pentingnya. Hal terakhir adalah penutup kepala sebagai pelengkap keselamatan.

 

Menggunakan Peralatan Laboratorium

 

Pada saat menggunakan alat-alat lab tentunya harus memahami cara yang tepat dalam memegang dan memanfaatkannya. Hal ini dilakukan supaya nantinya penelitian pun bisa dilakukan dengan tepat serta tentu saja aman.

 

Nantinya pada saat menggunakan alat lab kimia, pastikan bahwa telah menggunakan sarung tangan. Khususnya saat memegang botol reagen dan berbagai bahan kimia yang ada. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindarkan kulit bersentuhan langsung dengan bahan berbahaya.

 

Pahami Langkah Bila Terkena Bahan Kimia

 

Hal lain perlu dipahami dalam K3 laboratorium kimia adalah cara dalam mengantisipasi apabila terkena bahan kimia. Pada dasarnya bila tanpa sengaja terjadi kecelakaan saat melakukan penelitian dan ada bahan kimia terkena kulit maupun bagian tubuh.

 

Tentunya hal pertama yang perlu dilakukan adalah jangan panik. Panggil seseorang dan minta pertolongan. Bersihkan bagian  terkena bahan kimia dengan air juga bisa jadi solusi. Namun, bila memang bahan tersebut berbahaya dan menyebabkan efek yang tidak baik bagi tubuh maka, pergi ke rumah sakit adalah solusinya.

 

Baca Juga : Simbol Bahaya Di Laboratorium Yang Wajib Kamu Ketahui

 

Jangan Hirup Udara yang Terkena Kebocoran Gas

 

Memahami apa saja jenis zat berbahaya yang ada di lab pada dasarnya adalah hal yang begitu penting bagi setiap orang. Apalagi bagi seseorang yang memang bekerja dalam ruangan tersebut.

 

Mengerti apa saja jenis gas berbahaya yang ada di lab adalah satu diantara yang perlu diketahui. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lebih parah bila terjadi kebocoran gas seperti halnya HCL maupun nitrat. Namun, bila hal ini terjadi maka, pastikan tidak menghirup udara tersebut dan cepat keluar dari lab.

 

Buang Limbah pada Tempatnya

 

Pada dasarnya dalam laboratorium tentunya akan ada berbagai bahan dan benda berbahaya yang perlu diperhatikan. Tentunya setelah menggunakan semua bahan dan benda dalam lab kimia ini pun nantinya juga harus memahami cara tepat dalam membuat limbahnya.

 

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya pencemaran lingkungan serta menjaga keselamatan dari orang lain. Supaya hal ini bisa lebih aman, biasanya akan ada tempat khusus yang bisa digunakan untuk pembuangan dari limbah lab kimia.


Demikianlah tadi sekilas tentang K3 laboratorium kimia yang perlu dijadikan satu hal penting untuk diperhatikan dan dipahami. Tentunya melalui pemahaman terkait K3 ini nantinya penelitian dalam lab kimia juga bisa lebih aman.

Kontributor adalah seorang praktisi dan konsultan yang ahli dibidang penerapan sistem manajemen mutu laboratorium berdasarkan ISO/IEC 17025: 2017. Semoga blog ini menjadi sarana berbagi dan silaturahmi kita sesama personel laboratorium.

Silahkan berkomentar yang positif ya sobat
EmoticonEmoticon

Video Ulasan ISO 17025