Kamis, 20 Agustus 2020

Kandungan Minyak Zaitun dan Manfaatnya Untuk Kesehatan




Kandungan Minyak Zaitun sekiranya perlu kamu ketahui agar bisa dijadikan sebagai bahan dalam pengobatan alternatif dan suplemen tambahan. Sering kali, minyak zaitun disebut sebagai olive oil yaitu minyak esensial yang berasal dari buah zaitun (Olea europeae).

kandungan minyak zaitun
Illustrasi oleh Steve Buissinne dari pixabay.com

Acap kali minyak zaitun dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat produk kecantikan dan kesehatan salah satunya adalah untuk mengatasi penuaan dini. Olive oil memiliki segudang manfaat karena mengandung lemak tak jenuh. Maksud dari lemak tak jenuh adalah banyak mengandung ikatan rangkap pada rantai karbonnya.

Namun tidak hanya itu, terdapat beberapa kandungan esensial oil zaitun yang juga harus kamu ketahui, Disini tim labmutu akan memberikan informasi mengenai kandungan minyak zaitun yang dibahas pada artikel berikut ini:

Asam Lemak Tak Jenuh (Omega 3, 6 dan 9)

Omega 3, omega 6 dan omega 3 merupakan jenis penyebutan dari lemak tak jenuh. Ketiga jenis omega tersebut tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga kita membutuhkannya dari bahan alam seperti minyak zaitun. Saya jelaskan dahulu satu per satu mengenai omega. Terdapat 3 senyawa yang tergolong ke dalam omega 3 yaitu:
  1. Eicosapentaenoic acid (EPA), kata ini sering kali disebutkan dalam produk makanan jadi seperti pada susu formula. EPA berfungsi untuk menjaga serta meningkatkan kekebalan tubuh, mengedalikan peradangan dan membantu dalam meringankan gejala penyakit depresi akibat tekanan eksternal.
  2. Docosahexaenoic acid (DHA), selain EPA terdapat juga DHA yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tahukah anda bahwa komponen utama yang menyusun struktur otak adalah 8% adalah DHA oleh sebab itu asam lemak ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak yang tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga untuk orang dewasa. Itulah sebabnya sering terjadi penurunan daya ingat karena asupan DHA yang kurang.
  3. Alpa-linolenic acid (ALA), dari kedua jenis omega 3 yang saya sebutkan sebelumnya, ALA merupakan asam lemak dengan struktur paling sederhana sehingga sering kali digunakan sebagai prekursor untuk membuat DHA ataupun EPA. Walaupun demikian, ALA sering juga digunakan untuk bahan penghasil energi.
Berikutnya adalah omega 6 yaitu dihasilkan dalam bentuk asam linoleat (Linoleic acid). LA berfungsi untuk menghasilkan energi, zat ini juga dapat dibentuk kembali menjadi arachidonic acid (AA) yang berfungsi untuk menghasilkan senyawa kimia yang disebut sebagai Eicosanoid yang hampir mirip dengan EPA.
Omega 9 juga merupakan golongan asam lemak tak jenuh dan besifat non esensial, yakni tubuh kita dapat memproduksinya. Kandungan utama dari omega 9 adalah Oleic acid yang dapat kita peroleh dengan mudah dari olive oil.



Mineral Alami

Selain mengandung asam lemak tak jenuh, minyak zaitun juga mengandung mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Mineral tersebut adalah zat besi (Fe), kalsium, kalium dan magnesium. Tahukan anda bahwa semua mineral tersebut sangat dibutuhkan untuk pembentukan dan perkembangan sel. Sehingga dapat menghambat proses penuaan dini dan mencegah kerusakan sel (kanker).

Senyawa Antioksidan

Senyawa antioksidan memiliki peran yang luar biasa dalam menjaga kesehatan dan stamina tubuh manusia. Terdapat banyak golongan senyawa antioksidan yang terkandung di dalam minyak zaitun. Beberapa senyawa antioksidan tersebut yang umum dijumpai adalah polifenol yaitu golongan falvonoid, vitamin A, C, D, E dan K.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Nah, setelah teman-teman mengetahui kandungan dari minyak zaitun, maka selanjutnya saya akan memberikan informasi mengenai manfaat minyak zaitun untuk menjaga kesehatan tubuh serta untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi wabah penyakit. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Mencegah kepikunan

Pikun bukan penyakit bawaan melainkan penyakit yang ditimbulkan karena kurangnya asupan gizi untuk otak. Kandungan asam lemak berupa EPA, DHA dan LA dapat mengatasi kepikunan pada usia produktif. Sehingga bagi anda yang aktif untuk berfikir dalam pekerjaan sehari-hari, disarankan untuk mengkonsumsi minyak zaitu 2 kali sehari yaitu pagi dan menjelang tidur.

2. Menjaga kesehatan jantung

Lemak tak jenuh pada minyak zaitun sangat bermanfaat dalam mengontrol kolesterol jahat atau sering disebut LDL (Low Desinty Lipoprotein). Dengan mengkonsumsi minyak zaitun kandungan LDL akan semakin rendah dan sebaliknya HDL akan naik. Sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.

3. Mencegah kanker

Minyak zaitun yang mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi dipercaya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Selanjutnya dapat juga mengurangi resiko serangan kanker. Senyawa Hidroksitirosol di dalam minyak zaitun sangat bagus dalam menyeimbangkan kadar gula dalam darah sehingga berguna dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.

4. Menyehatkan usus

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh, salah satunya adalah Oleuropein aglycone. Senyawa tersebut dapat membantu untuk mengontrol suplai darah ke usus, hal tersebut berdampak positif terhadap pencegahan kerusakan jaringan usus. Biasanya kerusakan disebabkan oleh gejala iskemia atau berkurangnya aliran darah ke dalam sel yang terdapat di dalam jaringan usus.

5. Mencegah diabetes

Tidak kalah hebat bahwa ternyata minyak zaitun juga bermanfaat bagi penderita diabetes karena tingginya kandungan mineral dan senyawa antioksidan. Kedua senyawa tersebut memiliki peran dalam menurunkan kadar gula di dalam darah sehingga dapat mencegah penyakit diabetes melitus atau sejenisnya.

6. Menangkal radikal bebas

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa olive oil mengandung senyawa antioksidan yang luar biasa. Sudah tentu hal ini bisa dijadikan sebagai solusi dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Senyawa polifenol yang tinggi dapat membantu tubuh dalam proses detoksifikasi molekul tak stabil sehingga ampuh dalam proses menangkal serangan senyawa radikal bebas akibat yang berasal dari makanan dan udara.


Kesimpulannya adalah bahwa ternyata minyak zaitun mengandung segudang manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh tubuh tanpa adanya treatment untuk bisa di konsumsi. Adapun yang perlu anda perhatikan ketika ingin mengkonsumsi minyak zaitun adalah pilihlah produk atau brand minyak zaitun yang dikhususkan untuk konsumsi. Karena ada juga produk olive oil yang dijual untuk keperluan kencatikan.

Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua, tetaplah menjaga kesehatan dengan cara mengkonsumsi produk-produk alami sehingga tidak menimbulkan efek samping di dalam tubuh. Terimakasih.

Web ini dibuat atas dasar cinta dan kasih sayang untuk membagikan informasi yang telah diperoleh sejak tahun 2013, semoga bisa membawa manfaat untuk kita semua, aamiin.


EmoticonEmoticon