Rabu, 09 September 2020

Kandungan dan Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Kacang Almond Adalah salah satu jenis kacang yang populer di seluruh dunia. Negara penghasil almond terbesar adalah California. Terdapat banyak jenis kacang ini mulai dari berbeda ukuran, warna dan bentuk.


Kita sering kali mengkonsumsi secara langsung sebagai cemilan atau dijadikan sebagai bahan tambahan olahan makanan seperti cokelat, kue, es krim dan susu. Awalnya kacang ini berasal dari Timur Tengah yang banyak mengandung gizi bermanfaat bagi tubuh seperti dapat menurunkan kolesterol.

manfaat kacang almond untuk ibu hamil
Sumber Gambar: pixabay.com

Kandungan Kacang Almond


Dikutip dari ilmupengetahuanumum.com bahwa kacang almond banyak mengandung senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, untuk lebih detailnya silahkan lihat tabel berikut ini:

Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Waw... ternyata sangat kompleks ya kandungan kacang gede ini, bagi kita yang sering berkecimpung dengan bidang kimia, tentunya mengetahui manfaat dari masing-masing senyawa dan unsur yang disajikan dalam taber di atas bukan. Oleh sebab itu saya langsung saja bahas manfaatnya.

Manfaat Kacang Almond Untuk Ibu Hamil



Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata juga sangat bermanfaat jika di konsumsi secara rutin oleh ibu hami yaitu:

1. Membantu Perkembangan Sel Otak Bayi



Sumber Gambar: pixabay.com
Kacang almond sangat bermanfaat bagi ibu hamil yaitu mampu membantu proses perkembangan otak bayi. Selain itu mampu mencegah cacat saraf pada bayi. Kandungan asam folat di dalam kacang almong dapat membantu perkembangan sistem syaraf pada otak bayi. Tidak hanya itu, almond juga mampu mencegah cacat pada tabung syaraf bayi.
Baca Juga: Kandungan Minyak Zaitun dan Manfaatnya Untuk Kesehatan
Setidaknya, dibutuhkan 400 mikro gram asam folat pada masa trimester pertama guna mendukung pertumbuhan bayi Anda. Tak hanya kacang almond, jenis kacang lainnya seperti kedelai, buncis, kacang merah dan lain-lain juga memiliki kandungan asam folat yang baik untuk perkembangan janin.

2. Memperlancar Metabolisme Tubuh Ibu dan Bayi

Manfaat selanjutnya adalah akan memperlancar metabolisme ibu hami dan sistem metabolisme bayi yang ada di dalam rahim. Kandungan lemak dan karbohidrat yang sehat bermanfaat untuk peningkatan respon metabolisme tubuh, peradangan, menurunkan stres oksidatif dan dapat mengontrol gula darah.

Bagi ibu hamil yang mengalami obesitas, kacang almond juga mampu menurunkan berat badan ibu hami namun tetap membantu penambahan berat bayi yang sesuai dengan perkembangannya.


3. Menambah Massa Otot Pada Bayi

Protein yang terkandung di dalam kacang almond, memiliki nilai yang baik untuk membantu perkembangan masa otot bayi pada masa pertumbuhannya dan mampu membantu bayi agar terlahir dengan berat yang sesuai serta sehat.

Adapun manfaat lain dari protein di dalam kacang almond adalah untuk menambah energi serta kekuatan, sehingga si ibu dapat menangani rasa sakit saat proses kelahiran.

4. Mencegah Hypertensi Pada Ibu Hamil

Manfaat selanjutnya dari si kacang nan lezat ini adalah mampu mencegah tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Memang hal ini sering terjadi pada masa kehamilan namun hal tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja dan harus segera di atasi.

Dengan mengkonsumsi kacang almond, tekanan darah dapat normal kembali pada masa kehamilan. Oleh sebab itu, seringlah mengkonsumsi kacang almond minimal 10 gram sehari untuk menjaga stabilitas tekanan dara pada saat sedang hamil.

5. Menjaga Ibu dan Bayi dalam Keadaan Sehat

Vitamin B2 atau sering disebut Riboflavin yang terkandung di dalam almond, bermanfaat untuk menghasilkan energi serta membantuperkembangan kognitif. Selain itu juga mampu memelihara kesehatan ibu hamil secara umum.

Adapun manfaat lain dari Vitamin B2 adalah berfungsi untuk menyehatkan mata, kesehatan kulit, saluran pencernaan, pembentukan sel darah dan menyehatkan organ-organ penting lainnya di dalam tubuh.

6. Membantu Pertumbuhan Janin

Nah, manfaat yang bisa kami ulas terakhir adalah dapat membantu pertumbuhan janin agar tetap sehat karena Almond mengandung Magnesium yang dapat membantu perkembangan sistem syarat pusat janin.

Seperti yang kita ketahui bahwa Magnesium merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk ibu hamil dan janin yang bermanfaat untuk mengurangi resiko pertumbuhan janin yang lambat dan preeklampsia.

Bagaimana tertarik tidak untuk rutin mengkonsumsi kacang almond yang baik untuk kesehatan? tentunya tertarik ya mengingat kandungan nutrisi yang sangat baik dan memang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh terutama pada ibu hamil.

Mungkin teman-teman heran, mengapa labmutu juga menulis artikel yang berkaitan dengan kesehatan, hal ini kami lakukan karena informasi ini sangat penting disampaikan mengingat kita sebagai praktisi laboratorium, tentunya membutuhkan asupan gizi yang optimal terutama dari bahan alami.

Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua, jangan lupa untuk mampir ke beranda untuk melihat berbagai artikel menarik dan bermanfaat lainnya. Terimakasih

Web ini dibuat atas dasar cinta dan kasih sayang untuk membagikan informasi yang telah diperoleh sejak tahun 2013, semoga bisa membawa manfaat untuk kita semua, aamiin.


EmoticonEmoticon