Sabtu, 12 September 2020

Cara Menghitung Rata Rata Data Hasil Pengujian Menggunakan Excel

Cara menghitung Rata Rata terkadang banyak diantara kita yang sering lupa, terutama bagi rekan-rekan yang sebelumnya fokus dibidang manajemen laboratorium dan kini harus bersentuhan dengan teknis laboratorium.
Rumus untuk menghitung rata rata sebenarnya sangat mudah, namun pada artikel ini saya akan ulas sebagai informasi dasar bagi rekan-rekan. Tentunya bagi yang sudah memahami, akan memiliki pandangan bahwa ngapain labmutu bahas ini.Hehehe

cara menghitung rata rata
Menghitung rata rata

Ok untuk melengkapi pengetahuan dasar tentunya ini sangat perlu dipelajari agar mampu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari di laboratorium ataupun bidang lainnya. Harapan kami ini bisa membrikan manfaat tentunya.
Baca Juga: Cara Mencari Simpangan Baku Menggunakan Microsoft Excel
Rata rata atau mean adalah skala statistik dengan kecendrungan terpusat yang sama halnya dengan median dan modus. Terdapat beberapa rata rata yang sering digunakan dalam analisis data yaitu rata-rata hitung (aritmatik), rata-rata harmonik, rata-rata geometrik dan lainnya. Nah, untuk yang kita gunakan saat ini di laboratorium adalah rata rata aritmatik atau rata rata hitung.

Rumus Rata Rata

Rumus rata rata sebenarnya sangat sederhana, untuk lebih jelasnya anda dapat melihat pada gambar di bawah ini:

rumus rata rata 

Dari gambar di atas, tentunya kita dapat langsung mempraktekkan bagaimana cara menghitung rata rata tanpa harus menggunakan piranti yang canggih. Namun di zaman yang dituntut serba cepat ini, tentunya menghitung dengan kalkulator akan sangat menyulitkan.

Sehingga untuk mempercepatnya, anda bisa menggunakan piranti lunak seperti microsoft excel. Berikut ini rumus yang bisa digunakan untuk mengetahui nilai rata-rata menggunakan excel yang cukup mudah untuk digunakan.

Rumus Rata Rata Excel

Setelah saya menjelaskan rumus dasar mencari rata rata, maka pada artikel yang sama saya akan memberikan juga tutorial cara menghitung rata-rata menggunakan microsoft excel yang mudah dan simpel.

Langkah pertama adalah kita harus mengetik data yang akan dihitung nilai rata ratanya di tabel excel, saya akan contohkan bahwa data yang akan kita hitung nilai rata ratanya adalah 20.1, 20.5, 21.1, 19.8. Lebih jelasnya saya langsung ketik ke dalam format microsoft excel berikut ini:

menghitung rata rata menggunakan excel

Setelah anda input data yang akan dihitung, maka langkah selanjutnya adalah tempatkan kursor pada tabel area tabel yang akan dijadikan tempat data rata rata. Dalam contoh ini kita posisikan saja pada kolom D8.

Selanjutnya ketik pada kolom tersebut rumus =average kemudian tambahkan tanda buka kurung "(" selanjutnya sorot data yang akan dihitung nilai rata ratanya seperti yang saya contohkan berikut ini:

menghitung rata rata dengan excel

Setelah anda sorot data yang akan dihitung mean nya, maka ketik tutup kurung ")" lalu tekan enter dan hasilnya akan muncul seperti pada gambar di bawah ini:


Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan excel bahwa nilai rata-rata yang diperoleh adalah 20,375. Jika dibandingkan dengan perhitungan secara manual yakni menggunakan rumus dasar ternyata hasilnya tidak berbeda, silahkan dicoba sendiri.

Rumus Rata Rata Gabungan

Rumus rata rata gabungan adalah penentuan mean lebih mendalam karena melibatkan beberapa kelompok data. Kelompok tersebut memiliki data rata-rata yang berbeda sekaligus jumlah data yang berbeda atau sama pula.

Oleh sebab itu, kadang kala kita juga harus menghitung nilai rata rata dari 2 atau lebih kelompok tersebut. Rumus yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

rumus rata rata gabungan

Rata-rata gabungan tidak hanya bisa digunakan untuk 2 kelompok, melainkan tidak terbatas jadi silahkan saja hitung menggunakan rumus di atas.

Contoh Soal Menghitung Rata Rata

Setelah kita pelajari bersama tentang definisi dan rumus rata rata, maka tahap selanjutnbya yang perlu kita pelajari adalah contoh soal perhitungan rata rata. Silahkan simak dengan seksama agar lebih mudah dalam menerapkannya.

Contoh Soal 1 Untuk Rumus Rata Rata Tunggal

Hitunglah nilai rata rata dari beberapa data berikut ini: 3, 4, 8, 3, 7, 4, 5, 3, 3, 2.
Jawaban:

Dari data yang tersaji di atas, jumlah datanya adalah 10 data (n = 10), dengan menggunakan rumus rata rata maka dapat kita hitung nilai rata ratanya yaitu:


Jadi, berdasarkan hasil perhitungan bahwa nilai rata rata dari 10 data di atas adalah 4,2.

Contoh Soal 2 Untuk Rumus Rata Rata Gabungan

Disuatu sekolah sedang mengadakan ujian kimia yang diikuti oleh seluruh kelas II yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas IIA, IIB dan IIC. Nilai rata-rata ujian kimia siswa kelas IIA adalah 89,3 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang, kemudian nilai rata-rata kimia siswa Kelas IIB adalah 86,3 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang dan nilai rata-rata ujian siswa kelas IIC adalah 85,8 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Berapakah nilai rata-rata ujian kimia seluruh kelas II tersebut?
Jawaban:

Diketahui: 
  • Rata-rata kelas IIA = 89,3 dan jumlah data 25
  • Rata-rata kelas IIB = 86,3 dan jumlah data 20
  • Rata-rata kelas IIC = 85,8 dan jumlah data 22

Ditanya: Berapakah nilai rata rata kelompok kelas II tersebut?

Jwb:

contoh soal rata rata gabungan

Demikianlah seputar pembahasan mengenai cara menghitung rata rata secara sederhana dan menggunakan microsoft excel. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, jika ingin melihat artikel seputar statistik lainnya silahkan lihat disini. Terimakasih

Web ini dibuat atas dasar cinta dan kasih sayang untuk membagikan informasi yang telah diperoleh sejak tahun 2013, semoga bisa membawa manfaat untuk kita semua, aamiin.


EmoticonEmoticon