Selasa, 20 Juni 2023

Air Suling adalah Air yang Kaya akan Manfaat, Simak Penjelasannya

air suling adalah

Labmutu.com - Saat ini jenis air sudah ada banyak. Jika tidak lagi merebus air untuk minum, umumnya akan dipakai air suling. Mungkin masih banyak pihak yang belum tahu apa itu air suling dan segala seluk beluknya. Sebenarnya, air suling adalah golongan air yang sering ditemui masyarakat.


Biasanya, air ini akan dipakai dalam produk air kemasan yang dijual di pasaran. Bagi yang belum tahu seluk-beluk air ini secara menyeluruh, maka harus tahu dulu detail penjelasannya. Untuk mengetahuinya, simak detail uraian yang akan diberikan di bawah ini:


Sekilas Tentang Air Suling


Jika dilihat dari definisinya, air suling adalah air yang tidak direbus, namun melalui proses penyulingan untuk menghilangkan berbagai zat berbahayanya. Dengan proses penyulingan ini, nantinya air suling bisa lebih sehat dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan.


Pada penerapannya, air suling ini dikenal juga dengan nama air distilasi. Setelah proses penyulingan dilakukan, maka air menjadi lebih bersih dan bebas dari ion negatif, kuman, bakteri, dan berbagai zat lainnya. Oleh sebab itu, air ini akan sangat aman untuk dijadikan air minum.


Jika proses penyulingan selesai dilakukan, maka air suling akan memiliki pH normal dan akan memenuhi standar. Oleh sebab itu, banyak sekali fungsi lain yang membuat air suling ini menjadi golongan yang krusial untuk berbagai hal.


Lalu bagaimana cara membuat air suling? Untuk menghasilkan air suling, maka diperlukan proses pendidihan air. Saat proses penguapan terjadi, maka akan ada uap yang dihasilkan. Nantinya, uap tersebut akan ditampung dan akan dikondensasikan menjadi air lagi sehingga muncullah air suling.


Kelebihan Air Suling


Selain informasi di atas, penting juga untuk tahu apa saja kelebihan dari pemanfaatan air suling. Mungkin belum banyak yang tahu mengenai apa saja kelebihan dari air ini secara mendalam. Padahal, informasi tentang kelebihan ini sangatlah krusial untuk diketahui.


Jika paham apa saja kelebihan airnya, maka pemanfaatannya akan semakin yakin. Dengan demikian, pihak-pihak yang memanfaatkan air ini akan mendapat banyak keuntungannya secara menyeluruh. Untuk itu, simak beberapa daftar kelebihan yang ada di bagian bawah ini:


Bisa Memberikan Kesehatan Pencernaan


Dengan mengkonsumsi air suling, maka pencernaan akan semakin sehat. Hal ini sudah disebutkan oleh para ahli kesehatan. Apabila air suling dikonsumsi secara berkala, maka ginjal akan semakin sehat dan tidak akan memburuk serta terhindar dari penyakit.


Mineral yang ada dalam sel akan dibuang oleh air suling secara menyeluruh. Dengan demikian, penyakit seperti batu empedu bisa dihindari dan tidak akan mempengaruhi pencernaan. Oleh sebab itu, pemanfaatan air ini sangat disarankan dan bisa dijadikan pilihan.

 

Baca Juga :  7 Alat Sterilisasi Di Laboratorium yang Wajib Ada di Lab


Menyehatkan Tulang


Ada sebuah studi yang mengatakan bahkan air suling mampu menyehatkan sendi dan tulang. Jadi, endapan mineral yang ada dalam persendian bisa hilang dengan mengkonsumsi air suling ini secara berkala. Penyakit seperti arthritis juga bisa dihindari dengan baik.


Tidak Mengandung Zat Kimia


Biasanya, air yang asalnya dari sumur atau keran akan memiliki klorin dan fluoride sebagai kandungan utamanya. Padahal, dua kandungan ini sangat berbahaya jika terkontaminasi dalam tubuh. Meski tidak disadari oleh penggunanya, namun akan terasa efeknya di masa mendatang.  air suling adalah air yang dapat menyehatkan tubuh dan badan, 


Lalu bagaimana dengan air suling? Jika mulai mengkonsumsi air suling, maka tubuh tidak akan terkontaminasi dua zat tersebut. Hal ini dikarenakan selama proses penyulingannya terjadi, dua zat itu sudah dibersihkan. Oleh sebab itu, air ini bisa dijadikan pilihan yang baik.


Kegunaan Air Suling


Karena air suling adalah golongan air yang memberikan banyak sekali kelebihan, tidak heran jika air ini menjadi golongan air yang banyak difungsikan. Bukan hanya sebagai air minum, air ini juga dipakai untuk berbagai aspek lain di berbagai bidang.


Bagi yang masih belum tahu apa saja kegunaannya maka harus paham dengan segala rinciannya. Dengan mengetahui rincian ini, maka akan semakin paham kapan air suling bisa dimanfaatkan. Untuk lebih jelasnya, simak daftar rincian berikut ini:


  • Untuk dimanfaatkan di laboratorium dan fasilitas medis karena memiliki pH yang normal.
  • Dimanfaatkan untuk membuat makanan bayi yang lebih sehat.
  • Biasanya difungsikan dalam program diet karena kadar sodium airnya sangatlah rendah.
  • Untuk mencetak foto agar hasil dan kualitasnya menjadi semakin baik.
  • Dipakai dalam proses perawatan kulit.
  • Untuk memberikan nutrisi pada tanaman agar lebih segar

Semua fungsi dan kegunaan air suling di atas tentunya sangatlah luas. Banyak bidang yang membutuhkan air ini secara menyeluruh karena kualitas airnya yang baik. Aspek ini tentu sangat penting untuk dipahami agar proses pemanfaatannya lebih menyeluruh.


Semua penjelasan di atas tentunya bisa dijadikan sumber referensi lainnya. Sesuai dengan penjelasan yang sudah diberikan, air suling adalah golongan air yang memberikan banyak manfaat. Oleh sebab itu, jangan sepelekan air ini karena akan pas untuk dimanfaatkan.

Kontributor adalah seorang praktisi dan konsultan yang ahli dibidang penerapan sistem manajemen mutu laboratorium berdasarkan ISO/IEC 17025: 2017. Semoga blog ini menjadi sarana berbagi dan silaturahmi kita sesama personel laboratorium.

Silahkan berkomentar yang positif ya sobat
EmoticonEmoticon

Video Ulasan ISO 17025